Langsung ke konten utama

Forum Zakat: Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022

 

(dok. pribadi)

Zakat itu dulu tahunya hanya zakat fitrah, setiap tahun di minggu akhir bulan Ramadan ikut Ibu ke rumah Pak RT untuk bayar zakat pakai beras. Setelah itu, ya sudah, enggak tahu proses lanjutannya bagaimana, aku piker ya semua zakat yang sudah dibayar warga memang untuk Pak RT. Hahaha.

 

Lambat laun aku tahu kalau ternyata zakat bukan hanya zakat fitrah, tetapi ada zakat lain-lainnya dengan ketentuannya masing-masing, kemudian jadi tahu juga ke mana semua zakat itu dialirkan. Ya, salahnya enggak tanya juga dari dulu.

 

Setelah paham bahwa zakat itu ada berbagai macam, bingungnya gantian, ke mana bayarnya? Ribet banget emang aku, info apa-apa malas tanya pada masa itu. Dan, akhirnya pun tahu kalau zakat itu bisa dibayarkan lewat mana saja, selain ke Pak RT, ke Masjid, juga ada lembaga yang menaungi zakat, infaq, dan sodaqoh.

 

Pasti sering dengar beberapa lembaga besar seperti, Dompet Dhuafa, Bazis DKI, YBM PLN, dan lain sebagainya. Mereka adalah beberapa lembaga yang mengkoordinir dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf). Kalau bingung mau bayar zakat harta ke mana, atau mau wakaf berupa uang, dan berbagai jenisnya, bisa ke mereka, dicek satu-satu layanannya, deh.

 

Nah, mereka ini kan organisasi pengelola zakat, sama seperti manusia, ada yang namanya forum atau komunitas, atau perkumpulannya. Asosiasi atau rumah besar ini namanya Forum Zakat, anggotanya ada 196 di seluruh Indonesia. Forum Zakat tugasnya sebagai pengarah organisasi pengelola zakat, dengan hadirnya Forum Zakat, antar OPZ bisa bekerja sama, bisa saling terintegrasi, sehingga setiap kegiatannya bisa optimal. Bahkan urusan standardisasi dan akreditasi juga dilakukan oleh Forum Zakat. Berdiri tahun 1997 dengan 11 anggota Forum Zakat terus bertumbuh, mengayomi lebih banyak lagi OPZ, yang awalnya adalah Yayasan, sekarang sudah menjadi Asosiasi.

 

Satu fakta menarik, ternyata Indonesia itu adalah salah satu negara yang paling dermawan, tapi benar juga, sih, kalau dilihat-lihat, nih, ya, kita cepat banget, lho kalau ngumpulin donasi, karena kan memang donasi itu sedikit, ya, seikhlasnya gitu, dikalikan dengan sekian banyaknya orang yang donasi, ya banyak deh. Tapi, ini bukan berarti jadi hal mudah untuk OPZ mengumpulkan dana, tetap ada tantangannya sendiri.

 

Untuk OPZ, dana yang diterima dari muzaki itu akan disalurkan ke mustahik namun tidak cuma-cuma, sebagian besar didistribusikan jadi program yang produktif, sehingga dana tersebut tidak habis terpakai begitu saja, tetapi bisa berdaya guna.

 

Obrolan kali ini antara blogger, media, dan Forum Zakat pada Diskusi Ruang Tengah, juga jadi pembuka untuk sebuah acara istimewa, nih. Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022, dimana akan hadir seluruh lembaga zakat yang aktif dalam Gerakan zakat. Kegiatan ini untuk meningkatkan ekspos kepada masyarakat tentang Gerakan zakat. Kalau yang selama ini Cuma tahu dari iklan, baliho, spanduk, dan lain-lain, pas Zakat Ekspo nanti bisa lihat langsung para relawan terbaiknya, cari tahu segala program unggulannya, langsung tanya-tanya apa yang mengganjal atau belum jelas, sekalian pilih mau zakat di OPZ yang mana.

 

Terus, nih, ya, paling penting!

Bukti!

Iya, bukti dari terdistribusinya dana zakat ke mustahik yang dijadikan program pemberdayaan. Hasil dari program tersebut akan ditampilkan di sana. Bisa berbentuk produk barang olahan seperti makanan, bisa juga berupa foto atau video lokasi, semisal bentuknya adalah bangunan. Bukan hanya bicara, menyampaikan visi misi, tapi juga OPZ memberikan bukti pertanggungjawaban kepada para muzaki dan calon muzaki.

 

“Semua manusia itu baik dan bisa menularkan kebaikan”, ini kalimat dari Chiki Fawzi yang merupakan super volunteer Dompet Dhuafa. Betul kata Chiki, pada dasarnya kita semua itu baik, karena menjadi tidak baik adalah pilihan. Jika kita semua menerima suatu kebaikan, percayalah energi kebaikan itu akan masuk ke diri kita dan kitab isa memilih, mau meneruskannya atau tidak.

 

“Layanan terbesar yang dapat kita lakukan untuk orang lain adalah membantunya agar bisa membantu dirinya sendiri.” – Ralph Waldo Trine

 

 

Ki-ka: Agus Budiyanto - Direktur Eksekutif Forum Zakat, Aris Darmansyah Edisaputra - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Chiki Fawzi - Volunteer Specialist Dompet Dhuafa, Mohd. Nasir Tajang - Pimpinan BAZIS DKI Bidang Kesekretariatan dan Umum, Dian Mulyadi - GM Komunikasi & Corporate Secretary Dompet Dhuafa, MC Diskusi Ruang Tengah. (dok. pribadi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

Mahfud MD (dok. Google) Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif. Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar. Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."