Kamis, 09 Agustus 2018

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu

"Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya."
"Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..."
"Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."

Hastagaaa, ada apaan, sih?!

Indonesia bakalan jadi tuan rumah pesta olahraga begini masih saja meributkan hal entah apa? Mendingan siapkan diri untuk dukung atlet Indonesia, deh. Ini lebih penting dari pada masalah kamu yang sepertinya itu-itu saja. Tahun ini diselenggarakan Asian Games ke-18, ini keduakalinya Indonesia jadi tuan rumah, yang pertama itu di tahun 1962.

Atung, Bhin bhin, dan Kaka itu 3 hewan yang jadi maskot Asian Games kali ini. Atung itu Rusa Bawean yang melambangkan kecepatan, dia pakai sarung batik motif tumpal dari Jakarta. Bhin bhin itu Burung Cendrawasih yang melambangkan strategi, bhin bhin pakai rompi motif Asmat dari Papua. Dan Kaka Badak bercula satu yang melambangkan kekuatan, dia pakai kalung kain batik motif Palembang berpola bunga.

dok. Instagram asiangames2018

dok. Instagram asiangames2018

dok. asiangames2018

Ketiganya bakalan menyambut para atlet domestik dan mancanegara. Perhelatannya ini di Jakarta dan Palembang, di dua lokasi karena memang menyesuaikan dengan kebutuhan pertandingan. Di Jakarta pakai Gelora Bung Karno, di Palembang pakai stadion Jakabaring. Sebenarnya enggak cuma dua stadion itu, ada juga yang berlokasi di Bekasi, Tangerang Selatan, Pulomas, Ancol, Kemayoran, Monas, Bogor, juga Bandung.

Asian Games yang diikuti oleh 45 negara ini mempertandingkan 40 cabang olahraga, 10 di antaranya adalah cabang olahraga baru, yaitu pencak silat, jet ski, sambo, rollersport, panjat tebing, jiu jitsu, basket 3x3, bridge, kurash, dan paralayang. Dari 10 cabang olahraga yang baru ini ada beberapa yang aku baru dengar, ya, belum familiar lah, ya. Tapi yang pasti, untuk Indonesia sendiri aku dukung atlet pencak silat, panjat tebing, dan paralayang. Kenapa? Yaaa, kenapa, ya? Suka saja, sih, bukan berarti enggak mendukung di cabang olahraga lain, hanya lebih prioritas saja.

Setelah di atas bahas maskot, sekarang bahas logo, ya, logo Asian Games yang warna-warni itu. Jadi itu tuh ternyata bentuk dari stadion utama Gelora Bung Karno. Ada delapan pintu masuk, di bagian tengah ada lambang Asian Games berbentuk matahari. Dan, empat busur yang melambangkan sifat multi budaya Asia dan Indonesia. 

dok. Google

Aku baca juga tentang Asian Ganes dari waktu ke waktu, pertama kalinya itu di India tahun 1951, lalu Indonesia jadi tuan rumah di Asian Games ke-4, juga ke-18 ya, tahun ini. Bersyukur banget Indonesia bisa menjadi tuan rumah, karena faktanya ada negara-negara yang menilak atau undur diri sebagau tuan rumah karena keadaan keuangan atau masalah politik. Kelihatannya sebagai tuan rumah itu biasa saja, tapi harusnya kita bangga, dan aku bangga banget Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk keduakalinya.

Mariska Halinda, Ceyco Georgia Zefanya, Defia Rismaniar, mereka tiga atlet perempuan di cabang olahraga beladiri, Ceyco di Karate, dan dua lainnya di Taekwondo. Aku dukung mereka karena ingat masa lalu, eeeaaa, enggak juga, sih, kagum saja dengan mereka. Harusnya menjadi contoh untuk para perempuan agar bisa melindungi diri dari bertebarannya kejahatan. Para atlet cantik ini enggak diragukan lagi, mereka punya medali rmas sebagai modal di Asian Games 2018. Medali-medali itu jadi srmangat untuk mereka terua berlatih demi memberikan yang terbaik dengan harapan mendapatkan lebih banyak medali emas.

dok. Instagram mariska_halinda

dok. Instagram ceycogeorgia

dok. Instagram defiarosmaniar

Ratusan atlet Indonesia diturunkan, kalah-menang adalah biasa, cukup bangga dengan mereka yang mampu membawa nama Indonesia, mengharumkan dengan keringatnya. Kalau bisa menyampaikan pesan kepada mereka semua, Aku mau bilang "Hei, para atlet Indonesia, berikan yang terbaik untuk bangsa ini. Kalau kalian menang, nama Indonesia akan harum, tapi jika kalian kalah, Indonesia tetap akan bangga pada para atletnya."


INDONESIA BANGGA!

2 komentar:

  1. Masyaallah tabarakallah
    semoga mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia, aamiin

    BalasHapus
  2. Masya Allah ya atlet perempuan yang di atas itu, terlihat aura wibawanya dari foto-foto mereka. Semoga nanti performa terbaik mampu mereka pertunjukkan, ya Mbak.

    BalasHapus

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya.