Langsung ke konten utama

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

mahfud md
Mahfud MD (dok. Google)

Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif.

Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar.

Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti artis, banyak yang mengagungkan, banyak yang menjadi penggemarnya, melihat bagaimana kinerja satu sama lain menurutku cukup layak.

Karier politik Mahfud MD sudah dimulai sejak lama, tahun 1999, ya sejak masa pemerintahan KH. Abdurrahman Wahid atau yang kita kenal dengan panggilan Gus Dur hingga hari ini. 

Siapa sih beliau? Coba sini kita mengenal lebih dekat, melalui  karier politik mahfud MD.

Ini dia beberapa jabatan penting dalam perjalanan karier politik Mahfud MD atau Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P.:

1. Menteri Pertahanan RI 2000 - 2001

Fakta menariknya adalah beliau menjadi orang sipil yang memegang jabatan tersebut. Selama periode yang sama, Mahfud MD juga diberikan Amanah memegang jabatan sebagai Menteri Kehakiman dan HAM. Beliau menjabat sebagai Menteri Pertahanan hingga 14 Agustus 2001, dan menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan HAM pada 20 Juli 2001.

3. Ketua Mahkamah Konstitusi RI

Selama lima tahun beliau menjabat sebagai ketua pada lembaga tinggi negara yang memegang kekuasaan bersama dengan Mahkamah Agung. Sebagai hakim, beliau terlibat dalam memutuskan berbagai sengketa politik dan hukum di Indonesia. Karier politik Mahfud MD pada posisi tersebut dari tahun 2008 hingga 2013.

4. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan 

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dari 2019 hingga saat ini, iya, beliau petahana dalam Kabinet Indonesia Maju. Beliau adalah tokoh sipil pertama yang bisa berada di posisi tersebut.

Mahfud MD
Mahfud MD (dok. Google)

Karier politik mahfud MD yang tidak sebentar dalam pemerintahan ini membuatnya tidak diragukan lagi. Sepak terjangnya bisa jelas terlihat dan terlacak. Untuk ukuran anak muda, Pak Mahfud MD bisa dijadikan contoh, terutama dalam semangatnya mewujudkan Indonesia maju.

Dari perjalanan karier plotiknya tersebut dapat kita ambil beberapa sikap teladannya. Ada 5 sikap teladan yang bisa kita contoh dari perjalanan karier politik Mahfud MD:

1. Keprofesionalan, beliau memiliki pengetahuan mendalam di bidang hukum dan peradilan.

2. Kepemimpinan, melihat dari berbagai posisi yang pernah diembannya, terlihat bagaimana beliau mampu dalam manajemen kepemimpinan.

3. Kepatuhan Hukum, beliau seorang yang dikenal mematuhi hukum dan prinsip keadilan.

4. Keseimbangan, Mahfud MD selalu berusaha menjaga keseimbangan berbagai kepentingan dalam kontek hukum dan politik.

5. Keterbukaan, setiap dialog dan diskusi memperlihatkan betapa beliau menjunjung tinggi toleransi terhadap berbagai sudut pandang.


Dari 5 hal tersebut, sudah bisa menjadikan kita pribadi yang lebih baik, dimulai dari satu langkah, perlahan, dan kita akan smapai pada tujuan yang tepat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."