Langsung ke konten utama

Navya: Autonomous Electric Vehicle

Ingat beberapa waktu lalu yang pada heboh kondangan ke Nobita enggak?

Aku ikut kondangan juga dong. Hahaha.

Iya, itu Doraemon Movie: Stand By Me 2, di mana akhirnya Nobita menikah dengan Shizuka. Tapi bukan mereka yang akan aku bahas. Kita bahas tentang masa depan di dunia mereka, padahal Doraemon saja robot dari masa depan dengan peralatan yang canggih dan unik-unik, ya. Eh, beberapa tahun kemudian saat Nobita dewasa, tempat tinggal mereka sudah luar biasa canggih. Tidak hanya Nobita yang merasakan kecanggihan teknologi dari Doraemon, tapi seluruh masyarakat menggunakan teknologi yang sama di masa depan.

Pada scene awal kita langsung disuguhkan oleh Nobita dan teman-temannya yang sedang berkumpul bersama teman-temannya. Kemudian mereka naik mobil masing-masing, mobilnya melayang dan tidak ada supirnya. Akan menjadi biasa saja jika Suneo dan Dekisugi ahli dalam berkendara, namun lain hal dengan Nobita. Kok, Nobita bisa ya bawa mobil, dari dulu kan dia yang paling enggak bisa apa-apa.

Ternyataaa ….

Itu mobil canggih banget, dia jalan sendiri, sudah tahu ke mana rutenya harus berjalan, aman pula selama perjalanan.

Terus, jadi membayangkan dari zaman dahulu, kalau lagi kena macet di jalan, enak banget kali, ya, kalau punya mobil yang bisa terbang. Setiap bertemu titik macet, tinggal aktifkan baling-baling lalu terbang. Hahaha.

Satu lagi yang paling diharapkan. Untuk orang yang enggak bisa berkendara sendiri, berharap ada kendaraan yang akan autopilot gitu, tinggal tekan tombol atau dengan perintah suara.

LALUUU ....

Terwujud di tahun ini, oleh Sinar Mas Land.

Yups, demi mendukung tercapainya green mobility, Sinar Mas Land menghadirkan First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City.


Autonomous Electric Vehicle (dok. SatuBSD)

Mobil ini mewujudkan kendaraan tanpa awak. Ini bentuknya masih kendaraan umum ya, angkutan massal. Autonomous Electric Vehicle atau AV pertama yang ada di Indonesia, dan adanya di kawasan BSD City, mesin Mitsubishi berperan dalam mewujudkan kendaraan yang ramah lingkungan. Autonomous Vehicle ini telah melalui uji coba pertama di Shuttle QBig BSD City pada Mei hingga Juli lalu, dan uji coba berikutnya itu bisa dicoba sampai 21 Desember 2022. Untuk pamerannya di dalam area The Breeze dimulai pada 22 Desember 2022 ini dan sampai 4 Januari 2023 nanti.

Teknologi Autonomous Vehicle ini melengkapi kawasan Green Office Park yang sudah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia, keren banget enggak, tuh. Bahkan kendaraan yang satu ini dapat perhatian khusus dari Menteri Perhubungan, Bapak Budi, soalnya dianggap mampu mewujudkan transportasi masa depan. Mobil di film Doraemon Movie bakalan ada beneran nih, walau entah kapan.

Autonomous vehicle ini tanpa awak, iya, enggak ada petugas di dalam busnya. Unik banget, kan, dengan teknologi sedemikian rupa, dia jadi kendaraan yang rendah emisi karbon dan membantu banget sebagai moda transportasi alternatif bagi mobilitas masyarakat. Ekosistem Digital Hub yang dibangun di kawasan BSD City sarat akan kegiatan teknologi digital, sehingga Autonomous Vehicle dengan kecanggihannya merefleksikan gaya hidup yang akan diciptakan.

Jangan bingung kenapa bisa jalan dengan benar walau tanpa pengemudi, karena Navya punya beragam sensor, semua pergerakannya sudah sesuai dengan system dengan big data. Bukan hanya berjalan dengan jalur yang benar, tetapi juga bisa merespon kondisi jalanan, atau halangan apa yang ada di depannya, sehingga si Navya bisa menyesuaikan kecepatan juga pengereman, unik, ya.

Navya Autonom Shuttle, iya, namanya Navya, sebut saja begitu, sesuai tulisan yang ada di bagian depan bus. Bus biru ini digerakkan oleh tenaga listrik dan battery pack dengan kapasitas 33kWh, energinya bisa bertahan selama 9 jam. Penumpang yang bisa diangkut olehnya sebanyak 15 orang, posisinya 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.


Tampilan Bagian Dalam (dok. SatuBSD)

Mau coba naik?

Cus, Bus Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City. Autonomous Vehicle ini beroperasi setiap hari Selasa – Minggu dari pukul 10:00 – 17:00 WIB. 

Gratis!!! 

Cukup dengan melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan tersebut lewat aplikasi OneSmile, anak-anak boleh dibawa dengan tinggi badan minimal 120cm dengan pendampingan oleh orang tua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

Mahfud MD (dok. Google) Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif. Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar. Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."