Langsung ke konten utama

YBM BRI dan Perannya Dalam Masyarakat

Bpk. Sepyan Uhyandi - Ketua Badan Pengurus YBM BRI (dok. Screenshoot Zoom Meeting)


Tanggal 10 Agustus kemarin ulang tahun Yayasan Baitul Maal BRI yang ke-19. YBM BRI itu lembaga zakat nasional, dia menghimpun dan mengelola zakat masyarakat di seluruh Indonesia, iya maksudnya semua yang mau dan percaya untuk bayar zakat ke YBM BRI.karena kemarin ulang tahun ke-19, berarti doi sudah eksis sejak 2001.


Dalam perjalanan  10 tahun pertama YBM BRI masih membebaskan karyawannya, mau bayar zakat atau enggak. Mulai 2011, keluar SK pemotongan gaji seluruh karyawan BRI untuk bayar zakat. Tujuan utamanya itu supaya seluruh karyawan menunaikan kewajibannya membayar zakat. Bagus, sih, jadi otomatis dan enggak usah mikirin bayar zakat, soalnya sudah pasti bayar. Hahaha.

 

Prof. Dr. Drs. KH. Muhammad Amin Suma, B.A., S.H., M.A. - Ketua Badan Pembina Syariah (dok. Screenshoot Zoom Meeting)

Juga di 10 tahun pertamanya, penyaluran dana dari YBM BRI itu masih menunggu mustahik yang datang. Jadi, mustahik bikin proposal ke YBM BRI untuk meminta bantuan dana. Terus, memasuki 10 tahun kedua atau tahun 2011 tepatnya, Amil yang aktif mencari mustahik, karena lebih banyak mustahik yang pasif. Mungkin karena enggak tahu caranya dan belum terlalu mengenal kehadiran YBM BRI. Biar penyaluran rata, makanya YBM BRI buat program kerja.

 

Program YBM BRI:

Pendidikan:

  • Bight Schoolarship
  • Smart Schoolarship
  • My Schoolarship


Ekonomi:

  • Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR)
  • Bantuan Modal Usaha Purnabakti (BMUP)
  • BRIlmu


Sosial:

  • Bangkit Marbot Indonesia
  • Tanggap Bencana
  • Bantuan Hidup Purnabakti
  • Ramadhan BRIman
  • HUT BRI

 

Penyaluran setiap tahun ada temanya, untuk tahun ini temanya pendidikan. Jadi, dana zakat yang disalurkan untuk dunia pendidikan. Tahun 2020 ini rencana penyaluran dana sebesar 134.2 milliar rupiah, naik 5 milliar dari tahun sebelumnya.

 

Dr. Abdurrauf, Lc., M.A. - Tausiyah Ulang Tahun YBM BRI (dok. Screenshoot Zoom Meeting)

Sebagai lembaga zakat, YBM BRI punya 7 Nilai yang dipegang teguh dalam pelaksanaannya:

Integritas – Bertindak sesuai dengan koridor peraturan dan etika organisasi serta agama Islam.

Orientasi Pelayanan – Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada stakeholder internal/eksternal dan mempertahankan hubungan baik dengan stakeholder.

Dorongan Berprestasi – Mencapai prestasi kerja yang lebih baik atau melebihi orang lain serta standard kerja dengan menetapkan sasaran kerja yang lebih menantang namun tetap realistik dan menggunakan sumber daya secara lebih efisien.

Komunikasi – Menyampaikan pesan/informasi secara lisan dengan menggunakan bahasa dan cara yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain.

Kerjasama – Berbagi informasi, memberikan bantuan dan tindakan yang mendukung pencapaian tujuan kelompok/organisasi.

Memecahkan Masalah – Memahami situasi atau masalah dengan menguraikan masalah tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih rinci dan mengidentifikasi penyebab dari situasi atau masalah tersebut serta memprediksi akibatnya.

Kepemimpinan – Memengaruhi, memotivasi, dan menggerakkan orang lain sehingga bersedia mengikuti arahannya untuk mencapai tujuan kelompok/organisasi.

 

Harapannya sih, seberapa pun besarnya dana yang disalurkan, semoga YBM BRI selalu amanah dalam menyalurkan dana zakat, terus lebih penting lagi penyalurannya mudah, enggak ribet atau dibikin ribet, dan tepat sasaran.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas

Beberapa waktu lalu berkunjung ke rumah Pakdhe (sebutan untuk kakak laki-laki dari orang tua dalam bahasa Jawa), sedikit banyak bercerita, bertukar kabar, pandemi membuat segalanya terbatas, sapaan dalam jaringan tidak bisa menggantikan. Obrolan mengalir lancar, sedikit ejekan pun tak terlewat, Pakdhe yang satu ini sudah lanjut usia, namun jiwanya tetap muda, bisa mengikuti ritme kerabat yang seusiaku, nyaman untuk berbincang dengan beliau, mungkin salah satu faktornya adalah kehidupan masa tuanya yang tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa. Beliau aman secara finansial, dan lingkungan keluarga yang cukup harmonis.

Pendidikan Non Formal Sebagai Pendukung Pendidikan Formal

Foto sweetlouise dari pixabay Tahun 2022, bulan Februari, yang sekarang kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA pasti lagi mumet cari-cari sekolah dan universitas, banyak banget pertimbangan, mulai dari minat sampai kesanggupan orang tua. Meski sekarang sistem zonasi berlaku, tetap saja ada banyak hal yang dipertimbangkan jika terkait pemilihan sekolah. Untuk yang universitas, sudah pasti mencari yang punya jurusan impian, akreditasinya bagus, lokasinya oke, biayanya terjangkau, dan lain-lainnya.

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.