Jumat, 14 Agustus 2020

YBM BRI dan Perannya Dalam Masyarakat

Bpk. Sepyan Uhyandi - Ketua Badan Pengurus YBM BRI (dok. Screenshoot Zoom Meeting)


Tanggal 10 Agustus kemarin ulang tahun Yayasan Baitul Maal BRI yang ke-19. YBM BRI itu lembaga zakat nasional, dia menghimpun dan mengelola zakat masyarakat di seluruh Indonesia, iya maksudnya semua yang mau dan percaya untuk bayar zakat ke YBM BRI.karena kemarin ulang tahun ke-19, berarti doi sudah eksis sejak 2001.


Dalam perjalanan  10 tahun pertama YBM BRI masih membebaskan karyawannya, mau bayar zakat atau enggak. Mulai 2011, keluar SK pemotongan gaji seluruh karyawan BRI untuk bayar zakat. Tujuan utamanya itu supaya seluruh karyawan menunaikan kewajibannya membayar zakat. Bagus, sih, jadi otomatis dan enggak usah mikirin bayar zakat, soalnya sudah pasti bayar. Hahaha.

 

Prof. Dr. Drs. KH. Muhammad Amin Suma, B.A., S.H., M.A. - Ketua Badan Pembina Syariah (dok. Screenshoot Zoom Meeting)

Juga di 10 tahun pertamanya, penyaluran dana dari YBM BRI itu masih menunggu mustahik yang datang. Jadi, mustahik bikin proposal ke YBM BRI untuk meminta bantuan dana. Terus, memasuki 10 tahun kedua atau tahun 2011 tepatnya, Amil yang aktif mencari mustahik, karena lebih banyak mustahik yang pasif. Mungkin karena enggak tahu caranya dan belum terlalu mengenal kehadiran YBM BRI. Biar penyaluran rata, makanya YBM BRI buat program kerja.

 

Program YBM BRI:

Pendidikan:

  • Bight Schoolarship
  • Smart Schoolarship
  • My Schoolarship


Ekonomi:

  • Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR)
  • Bantuan Modal Usaha Purnabakti (BMUP)
  • BRIlmu


Sosial:

  • Bangkit Marbot Indonesia
  • Tanggap Bencana
  • Bantuan Hidup Purnabakti
  • Ramadhan BRIman
  • HUT BRI

 

Penyaluran setiap tahun ada temanya, untuk tahun ini temanya pendidikan. Jadi, dana zakat yang disalurkan untuk dunia pendidikan. Tahun 2020 ini rencana penyaluran dana sebesar 134.2 milliar rupiah, naik 5 milliar dari tahun sebelumnya.

 

Dr. Abdurrauf, Lc., M.A. - Tausiyah Ulang Tahun YBM BRI (dok. Screenshoot Zoom Meeting)

Sebagai lembaga zakat, YBM BRI punya 7 Nilai yang dipegang teguh dalam pelaksanaannya:

Integritas – Bertindak sesuai dengan koridor peraturan dan etika organisasi serta agama Islam.

Orientasi Pelayanan – Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada stakeholder internal/eksternal dan mempertahankan hubungan baik dengan stakeholder.

Dorongan Berprestasi – Mencapai prestasi kerja yang lebih baik atau melebihi orang lain serta standard kerja dengan menetapkan sasaran kerja yang lebih menantang namun tetap realistik dan menggunakan sumber daya secara lebih efisien.

Komunikasi – Menyampaikan pesan/informasi secara lisan dengan menggunakan bahasa dan cara yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain.

Kerjasama – Berbagi informasi, memberikan bantuan dan tindakan yang mendukung pencapaian tujuan kelompok/organisasi.

Memecahkan Masalah – Memahami situasi atau masalah dengan menguraikan masalah tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih rinci dan mengidentifikasi penyebab dari situasi atau masalah tersebut serta memprediksi akibatnya.

Kepemimpinan – Memengaruhi, memotivasi, dan menggerakkan orang lain sehingga bersedia mengikuti arahannya untuk mencapai tujuan kelompok/organisasi.

 

Harapannya sih, seberapa pun besarnya dana yang disalurkan, semoga YBM BRI selalu amanah dalam menyalurkan dana zakat, terus lebih penting lagi penyalurannya mudah, enggak ribet atau dibikin ribet, dan tepat sasaran.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya. Sila tinggalkan komentar