Rabu, 20 Maret 2019

Cari Tiket Pesawat? Pegipegi Jawabannya


Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hatiku gembira.

~ Tasya - Libur Telah Tiba ~

Dok. Pribadi

Itu dahulu kala waktu masih jadi anak sekolahan, kalau liburan tiba, lupakan semua buku-buku dan perihal akademik, waktunya liburan. Kalau sekarang, liburan enggak perlu menunggu masa liburan, soalnya tiket malah mahal, dan tempat wisata atau lokasi tujuan jadi lebih penuh. Makanya liburannya justru di waktu biasa dan hari kerja, iya, aku bisa semudah itu mengatur waktu. Hehehe.

Aku kalau liburan lebih sering bareng teman-teman dibandingkan dengan keluarga, karena biasanya ada perbedaan saat liburan bareng keluarga dan teman. Bareng teman itu biasanya enggak mager (males gerak), hampir enggak kenal lelah, tapi kalau bareng keluarga biasanya ya gitu, deh, pokoknya.

Dan, pada suatu hari di salah satu grup, seorang teman bilang pengin banget ke Yogyakarta, katanya kangen dengan kota itu. Ya elah, kangen, kangen kotanya atau kangen kenangan sama si masa lalunya, nih?! Alhasil, kami berenam membicarakan 5W+1H. Iya, membahas akan ke mana saja selama di sana, siapa saja yang bisa dan mau ikutan, apa saja yang perlu dipersiapkan selama beberapa hari di sana, kenapa kita ke Yogyakarta liburannya, kapan kita bakalan berangkat, terus sampai kapan menikmati surga dunianya, dan bagaimana cara kita ke sana?

Semua 5W terselesaikan, tinggal 1H yang agak sedikit ribet, pasalnya ada yang mau naik bus saja dengan alasan menikmati perjalanan, dengan cepat disergah yang lain karena enggak mau sama bonus macetnya dan enggak bisa diprediksi pun lamanya perjalanan Jakarta – Yogyakarta. Ada yang mengusulkan naik kereta, pun ditolak karena katanya masih terlalu lama, padahal kita ini hanya beberapa hari di Yogya, ada lagi yang alasan enggak mau naik kereta ekonomi karena kursinya enggak nyaman, ketika ditawarkan yang kelas bisnis katanya kemahalan.

Okeee, Aku pusing lah saudara-saudara sebangsa dan setanah air, mendengar diskusi yang jadi semacam perdebatan siang itu di satu taman kota daerah Jakarta. Aku biarkan mereka saling ngoceh dan ribet, coba-coba aku cek di salah satu aplikasi pemesanan tiket, Pegipegi.

Pada laman utama Pegipegi, ada pilihan icon pemesanan tiket pesawat, hotel, dan kereta api. Berhubung mereka sudah berdebat tiket kereta api, aku iseng deh buka icon pemesanan tiket pesawat. Langsung isi asal dan tujuan pun tanggal keberangkatan. Aku pilih berangkat hari selasa, orang-orang sibuk kerja, kami malah sibuk cari tiket perjalanan.

Jreng! Jreng!

Muncul daftar harga tiket pesawat rute CGK – JOG, pertama keluar harganya acak, ya sudah aku urutkan dari yang termurah. Hmmm, oke, lima ratus ribuan sekali perjalanan pakai salah satu maskapai dengan lama perjalanan 1 jam 10 menit. Enggak pakai izin, aku potong pembicaraan mereka yang masih ribet sama “mau naik apa?” dengan menunjukkan harga tiket pesawat ke Yogyakarta di aplikasi Pegipegi.

Daaannn, sekarang mereka ribut bilang “ini aja, ini aja, buruan pesen, dari pada kereta kelas bisnis, beda tipis sama pesawat dan enggak pakai buang waktu, cepetan nanti abis!” Bawel, yes, tapi seru liburan bareng mereka. 

Baiklah, langkah awal kita isi data dahulu, enggak ribet pokoknya, masuk dahulu pakai email atau facebook, asal data kamu di facebook itu asli bukan akun fake, bisa membantu banget. Setelah isi data, lanjut ke laman konfirmasi, cek semua di situ apa sudah benar atau belum.

Sumber: aplikasi Pegipegi

Sumber: aplikasi Pegipegi

Langkah terakhir adalah pembayaran, metode pembayarannya banyak, asli sih ini Pegipegi bikin bahagia, kita bisa bayar pakai transfer bank, kartu kredit, transfer ATM, Virtual Account, Internet Banking, bahkan bisa pakai Kredivo juga. Dan, buat yang saat itu pegang uang tunai bisa bayar di minimarket, lho. Secara, kan sekarang menemukan minimarket gampang banget, lebih gampang dari pada janjian ketemu si dia.

Sumber: aplikasi Pegipegi

Setelah memilih kemudian dibicarakan kita akan dibawa ke laman selanjutnya, misal punya kupon, bisa masukin kodenya dan dapat potongan harga, kan, lumayan misal potongan lima puluh sampai seratus ribu gitu. Kalau enggak ada kupon, ya, enggak apa, bisa diabaikan dilewatkan begitu saja. Kemudian laman selanjutnya menampilkan nomor pesanan, waktu pembayaran kurang lebih 46 menit dari waktu pemesanan.

Sumber: aplikasi Pegipegi

Sumber: aplikasi Pegipegi

Lebih lengkap lagi ada di email, kita akan dikirimkan email yang isinya seperti di bawah ini, masih ada lagi di bawahnya, jadi, baca baik-baik.

Contoh konfirmasi pemesanan melalui email

Jangan sampai telat bayar, dia akan batal otomatis terus dikirimkan lagi email yang isinya rincian pesanan dibatalkan, seperti ini.

Contoh konfirmasi pembatalan otomatis melalui email

Setelah selesai bayar saat itu juga, Aku bahagia karena sudah tak mendengar lagi keributan kecil seperti sebelum memesan tiket. Sekalian mau kasih info ke pembaca artikel ini, kalau mau beli tiket pesawat online bisa buka aplikasi Pegipegi, pesan tiket pesawat pun mudah dan aman.


Terima kasih sudah membaca.
Kuy, kapan kita ke mana lagi?

4 komentar:

  1. Hayo mau pergi kemana lagi nih? Nggak ngajak-ngajak 🙈

    BalasHapus
  2. Kurang lebih sdh 3 kali pesan tiket melalui pegi pegi,lumayan potongan harganya.Ini mau lihat lihat lagi kira kira ada pot harga lagi ngga sekitar bulan April besok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan ini ada, mayan 50-100, bulan depan belum tahu dah aku.

      Hapus

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya. Sila tinggalkan komentar