Sabtu, 02 Juni 2018

Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Tampilan Blog

Sunting menggunakan Canva (dokpri)

Sekarang ini banyak banget aplikasi android yang bisa digunakan untuk mendukung isi dari media sosial yang kita punya. Mulai dari aplikasi waktu sampai aplikasi yang bisa kita pakai membuat dan menyunting gambar. Aku sendiri untuk kebutuhan membuat dan menyunting gambar pakai aplikasi Snapseed dan PicsArt.

Biasalah, ya, pengaturan kecerahan, kontras, dan kawan-kawannya, menambahkan tulisan atau menghapus bagian yang dirasa enggak penting. Aku sendiri enggak terlalu banyak mengubah dari foto asli. Sekiranya cukup saja, agak malas untuk buat poster atau sejenisnya yang keren-keren itu, mau tapi enggak niat. Hahaha.

Selain dua aplikasi di atas, aku juga punya aplikasi Canva, sudah unduh entah sejak kapan, sudah dilihat-lihat semua fiturnya, tapi belum pernah sekalipun aku pakai untuk edit foto atau membuat gambar. Di banyak grup atau diskusi perihal gambar, enggak sesikit yang sebut-sebut pakai aplikasi Canva karena sekian kelebihannya.

Kalau dilihat-lihat iya memang, sih, Canva ini cocok banget buat yang mau tampilan fotonya unyu, keren, elegan, galau, dan sebagainya. Selain di android, Canva juga bisa di PC atau lappy, kira-kira senyamannya saja untuk edit foto. Sering juga ada yang bilang kalau pakai Canva itu enak banget, bahkan ada yang sudah sahabatan dengan Canva. Dan, aku mah apa, sunting foto ya gitu-gitu doang, standar banget malah, hanya sekadar terlihat sedikiiit lebih baik. Hahaha.

Tanggal 27 Mei kemarin CNI dan ISB adain Blogger Gathering yang temanya "Easy Steps To The Perfect Website Layout", Dama Vara yang jadi pematerinya, nih, cieee Damaaa cuwiwiiittt. Kebetulan banget Dama minta kita semua para peserta untuk unduh Canva dan belajar pakai itu. Aku senang, dong, secara sudah sejak zaman flintstone unduh Canva dan baru sekarang ini dipakainya.

Dama Vara (dokpri)

Jangan ditanya Dama ini siapa, pokoknya dia mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas di Jakarta yang sudah keren banget pernah pegang project di Amerika. Selama acara ini Dama jelasin pelan-pelan tentang bagian dari layout website yang bisa jadi keren. Ya, iu tadi, pakai aplikasi Canva, jadi kita baguskan isi blog salah satunya dengan tampilan foto-foto dan gambar sebagai pendukung.

Jadi, gambar di atas itu adalah mahakarya aku pertama kali menggunakn Canva. Hahaha. Kalau bagus, ya, terima kasih, kalau jelek, ya, maaf baru sekali, lagi pula itu fotonya bawaan dari Canva. Aku cuma atur advance dan teks saja. Kelihatannya begitu doang, ya, ya iya lah namanya praktik singkat, jadi yang penting tahu dulu fitur-fiturnya.

Ini logo aplikasi Canva, dalamnya ada banyak banget template mulai dari template postingan facebook sampai template undangan. Yang aku buat itu pakai template instagram, pertama pilih dulu gambarnya, bisa diganti kok pakai gambar yang ada di galeri, atau bikin latar belakang dengan satu warna juga bisa.



Kalau sudah tentukan gambarnya, klik tanda tambah di kanan bawah, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Klik text dan akan keluar tampilan seperti ini, pilihan jenis template hurufnya banyak, suka-suka pilih yang mana dan sesuaikan kebutuhan.

Template teks

Untuk ganti jenis huruf, bisa klik di tulisan pada gambar, nanti akan keluar tampilan seperti ini.

Jenis huruf

Kalau belum puas sama gambarnya, masih bisa pilih-pilih lagi, samping ikon teks ada image, pilihannya banyak banget, bisa dari galeri juga.

Terus ada pilihan graphic dan template. Semuanya berfungsi banget deh sesuai yang dibutuhkan, seperti membuat poster akan butuh bentuk-bentuk graphic untuk menunjukkan sesuatu yang penting.

Pilihan graphic yang tersedia

Semakin mempercantik, hasil yang sudah jadi, bisa kita filter, ada pikihan yang sudah jadi atau bisa juga kita atur sendiri filternya dengan klik advance.

Pengaturan filter

Pengaturan filter manual

Setiap kali selesai di satu langkah jangan lupa klik tanda ceklis untuk apply dan jika dirasa editing sudah cukup, untuk menyimpannya klik share di kanan atas, selama loading dia juga akan otomatis menyimpannya di galeri.

Proses akhir penyimpanan

Ya, setelah mencoba lagi, aku dapat filter yang berbeda. Seni itu bebas, siapa pun bebas berkarya dan menilai. Seni tidak pernah ada yang salah, semua perihal sudut pandang.

(dokpri)

2 komentar:

  1. Yang aku suka dari aplikasi Canva ini adalah banyak contoh desain yang bisa kita tiru dan modifikasi, jadi buat orang-orang yang nggak paham desain seperti aku jelas sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Mpo dulu pakai applikasi canva , sempat berhenti lalu lanjutin lagi. Berhenti karena kemampuan modem suka lama, untungnya bisa gratisan di perpustakaan nasional main internet

    BalasHapus

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya.