Rabu, 06 Juni 2018

Bonanza, Bakso 84% Daging Sapi

Puasa sudah lewat dari setengahnya, dan aku merasa sedih karena enggak maksimal ibadahnya. Masih banyak bolong di sana-sini, kayaknya lebih sibuk sama duniawi gitu, semoga amal ibadah kita semua di bulan puasa ini diterima, ya, Temans. Biar enggak merasa berdosa mulu, aku mau kasih info enak, soalnya ini makanan. Hehehe.

Jadi, tuh, aku ikutan acara dari Mom Blogger Community (kemarin itu kayaknya beneran cuma aku yang lajang, maksudnya yang lain sudah menikah dan punya anak, promosi sekalian lah, ya) acara itu cooking class sama bakso Bonanza, iya, dia merek baru memang, baru launching 9 Mei 2018, makanya masih langka, nih, si bakso. 

Bakso Bonanza di Farmers Market (dokpri)

Sebenarnya hanya mereknya yang baru, karena si bakso ini diproduksi PT Belfoods Indonesia, dan didistribusikan PT Great Giant Livestock. Dan, acara cooking class tanggal 30 Mei kemarin itu diadakan di Farmers Market Summarecon Mall Serpong, di sana juga sudah ada bakso Bonanza, bisa beli di Farmers Market. 

Dua jam sebelum buka puasa, acaranya dimulai, Mbak Caroline yang mengenalkan Bonanza dan untuk cooking class bareng Chef Gaby Dharmadji. Di sini kita dikasih 3 menu yang gampang banget untuk mengolah bakso. Ketiga menunya itu Bakso Kuah Ala Rumahan, Bakso Bakar Ala Yakitori, dan Bakso Goreng Crispy.


Resep Pertama

Bakso Kuah Ala Rumahan (dokpri)

Bakso Kuah Ala Rumahan
  • Bahan: Bakso Bonanza, Tulangan Iga Sapi, dan Air.
  • Bumbu: Daun Bawang, Bawang Putih, Kemiri, Bawang Merah, Garam, dan Lada.
  • Cara membuat: Rebus tulangan iga sapi dalam air mendidih selama 5 menit, hanya untuk membersihkan. Kemudian rebus kembali tulangan iga sapi ke dalam air dingin, rebus 15 menit dengan api sedang. Sementara haluskan daun bawang, kemiri, dan bawang putih kemudian tumis sebentar. Setelah matang dan tercium aromanya, angkat lalu masukan ke dalam air tulangan iga sapi, masak selama 15 menit dengan api sedang. Bawang goreng diiris dan tumis lalu masukkan juga ke dalam air rebusan, masak lebih lama juga boleh, suapaya kuahnya lebih terasa. Setelah itu masukkan bakso Bonanza sampai mengapung, matikan api dan Bakso Kuah Ala Rumahan siap dihidangkan.


Resep Kedua

Bakso Bakar Yakitori (dokpri)

Bakso Bakar Yakitori
  • Bahan: Bakso Bonanza dan Tusuk Sate.
  • Bumbu: Jahe, Bawang Putih, Kecap Asin, Gula, Daun Jeruk, Daun Bawang, dan Bawang Bombay.
  • Cara membuat: Potong-potong bakso sesuai selera kemudian tusukkan pada tusuk sate. Kemudian untuk membuat saus yakitori, haluskan jahe, bawang putih, daun bawang, dan bawang bombay. Masak dengan api kecil, tambahkan kecap asin, gula, dan beberapa helai daun jeruk. Jika sudah mengental, matikan api, oleskan pada bakso yang sudah ditusuk tadi. Bakar di atas wadah, apa saja, bisa juga pakai teplon dengan api kecil. Dibolak-balik sampai matang, lalu angkat dan Bakso Bakar Ala Yakitori siap dihidangkan.


Resep Ketiga

Bakso Goreng Crispy (dokpri)

Bakso Goreng Crispy
  • Bahan: Bakso Bonanza, Tepung Terigu, Tepung Kentang, Tepung Beras, Telur Ayam, dan Air.
  • Bumbu: Gula, Garam, dan Lada.
  • Cara membuatnya: Campurkan ketiga jenis tepung, telur ayam, dan air. Aduk rata dan tambahkan gula, garam, juga lada. Buat menjadi adonan cair untuk melapisi bakso. Bakso bisa langsung dimasukkan dalam tepung, bisa juga dipotong-potong dahulu, sesuai selera. Panaskan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng bakso. Goreng bakso sampai kekuningan, angkat, tiriskan, dan siap dihidangkan.


Itu 3 resep yang ada di cooking class bareng Chef Gaby dan bakso Bonanza, aku cobain semuanya enak, bumbunya pas enggak berlebih. Untuk bakso kuah itu kuahnya segar banget, baksonya tepat waktu merebusnya, jadi enggak terlalu empuk. Kalau dibilang keras, sih, enggak soalnya ini baksonya daging banget, enggak berserat, lembut lah ya tepatnya.

Chef Gaby dan Mbak Caroline (dokpri)

Untuk bakso bakar juga enak, rasanya gurih dan jadi wangi gitu, padahal itu enggak lama bakarnya, tapi matang banget. Bakso goreng crispy ini aku mau buat sendiri, gampang banget itu ternyata. Oh, ya, bakso Bonanza daging banget soalnya kandungan daging sapi sebanyak 84%, campurannya sedikit yaaa, pantesan dia ini baksonya kayak punya kaldu sendiri.

Bakso Bonanza tanpa pengawet, jadinya kalau mau disimpan harus di freezer, jangan di chiller. Penyimpanannya harus beku di suhu -18°C, kalau mau dimasak juga enggak perlu didiamkan di suhu ruang dulu, langsung di kondisi beku juga bisa. Penyimpanan di freezer itu sampai 6 bulan, kalau di suhu ruang dan kemasan sudah dibuka, hanya tahan 2 x 24 jam

Bakso Bonanza 84% daging sapi, sapinya ternak sendiri terus makanannya nanas, ya, pantesan, kan, itu bakso dagingnya lembut gitu, enggak berserat. Untuk kemasannya sendiri itu 500 gram isinya kurang lebih 33 butir bakso. Aman dan halal juga, karena terdaftar MUI dan BPOM RI MD 239510062109 No. NKV: TPD - 320117-007.

Mungkin ada sebagian orang yang enggak suka bakso, tapi sebagian besar rela antri demi bakso. Buat yang enggak suka bakso, mungkin kamu bisa icip-icip Bonanza.

(dok. MBC)

3 komentar:

  1. Iya bener masih susah untuk nemuin Bonanza ini. Mungkin karena msh baru dan hnya di supermarket tertentu aja kali ya. Penasaran sama rasa dari bakso yg akhir akhir ini sering wara wiri.di sosmed ini

    BalasHapus
  2. Saya udh cobain bakso bonanza dan emang iya enak beda sama bakso lainnya. Biasanya sih dibuat kuah Tapi beberapa menu diatas sepertinya layak dicoba 😊

    BalasHapus
  3. Bakso favoritnya aku dan suami, daging sapinya berasa banget..kalau ngesop pakai bakso Bonanza malah masih ada kaldunya.

    BalasHapus

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya.