Langsung ke konten utama

FoZ: Peresmian Zakat Expo 2022

 

(dok. pribadi)

Dua puluh tiga desember 2020, merupakan hari pertama pembukaan dan juga sebagai peresmian pembukaan Indonesia Giving Fest. Mengusung tema “The Superb Beginning of Zakat Expo 2022” diresmikan secara langsung oleh Drs. H. Tarmizi Tohor, M.A. selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI.

 

Drs. Tarmizi Tohor, M.A. (dok. pribadi)

Menghadirkan Organisasi Pengelola Zakat se-Indonesia yang juga sebagai anggota Forum Zakat. Banyak booth-booth lembaga zakat di sini, Tennis Indoor Senayan. Agenda akhir tahun ini dilaksanakan selama dua hari, 23-24 Desember 2022. Bertujuan untuk mengenalkan gerakan zakat ke khalayak umum yang lebih luas, dinamika Gerakan zakat harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Tujuan lainnya adalah mengakrabkan antar lembaga zakat, bukan hanya saling tahu keberadaannya namun juga lebih dari mengenal. Saling tahu program dan produk keluaran dari setiap lembaga, yang mungkin bisa menginspirasi atau melakukan kolaborasi dalam pengelolaan zakat.

 

Booth BSI (dok. pribadi)

Jika sosialisai, pengenalan ke masyarakat semakin luas, tahap berikutnya adalah masyarakat diharapkan turut andilnya atau mengambil bagian dalam mengelola kemiskinan di Indonesia. Sampai saat ini kontribusi dana zakat masih terbilang kecil, tetapi lembaga zakat yang ada punya komitmen yang tinggi dalam membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Indonesia Giving Fest selain untuk mengenalkan ke masyarakat yang lebih luas tentang lembaga zakat dan programnya, juga untuk para lembaga itu sendiri, dengan melihat lembaga yang lain bisa saling belajar dan mengukur, sehingga pelayanan dan pengelolaan dana zakat akan lebih optimal pada muzaki dan mustahik. Lebih penting lagi adalah dalam hal jangkauan, dan dampaknya yang menyeluruh hingga pelosok Indonesia.

 

Booth Kampus Umar Usman (dok. pribadi)

Ziswaf sendiri setiap tahunnya mengalami pertumbuhan, tata Kelola yang terus berkembang dan menguat, dalam ekonomi syariah, zakat itu memegang peranan penting, punya potensi untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional. Dana sosial syariah kontribusinya cukup aktif dalam membantu penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ketahanan ekonomi nasioanal bisa dijaga dari sini, potensi zakat nasional adalah sebesar Rp 327.6 triliun dari berbagai sektor zakat. Melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam mempercepat, memperluas, juga memajukan perekonomian dan keuangan syariah nasional.

Booth YBM BRILiaN (dok. pribadi)

Ruang lingkup yang difokuskan adalah pengembangan sektor dana sosial syariah. Indonesia Giving Fest diadakan dengan harapan menjadi kegiatan yang mampu menguatkan literasi ziswaf pada masyarakat terutama muzaki yang akan memberi dampak pada kemaslahatan zakat bagi mustahik. Hal lainnya adalah menguatkan niat masyarakat untuk mau menyalurkan zakat infak dan sodaqohnya ke organisasi pengelola zakat. 

Indonesia Giving Fest merupakan representasi bahwa Indonesia memang layak ditetapkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Untuk itu, pengelolaan zakat harus terus dikembangkan, tidak boleh puas denga napa yang sudah dicapai saat ini, program-program pengelolaan harus terus bertambah dan kualitasnya meningkat. Tidak sekadar sebagai penghimpun dana zakat, yang paling penting adalah pengelolaannya yang bisa mensejahterakan umat. Pemanfaatan dana zakat oleh OPZ harus meningkat secara nasional.

Selama festival berlangsung, bukan cuma booth-booth OPZ saja yang dipersembahkan, pas pembukaan saja langsung diawali tari saman dari SMA SMART 17. Setiap booth bukan cuma kasih literasi zakat, tapi juga ada produk-produk hasil pemberdayaannya, baik berupa makanan maupun hasta karya seperti tas. Seperti yang ada di Booth BSI Maslahat ini.

Booth BSI Maslahat (dok. pribadi)

Dari semua tujuan, pada intinya adalah untuk menarik generasi muda ikut berpartisipasi mengembangkan tata Kelola zakat. Pengumpulan zakat semakin meningkat dan menjadi salah satu penopang umat masyarakat Islam di penjuru negeri. Organisasi Pengelola Zakat yang semakin tumbuh dan semakin banyak membuat pengumpulan dana zakat semakin cepat dan banyak. Lembaga zakat terbanyak itu ada di Indonesia, itu artinya potensi zakat di Indonesia cukup tinggi hingga sangat mungkin mampu berdampak sangat baik pada pembangunan nasional. 

Untuk bisa menarik generasi muda dan para pemilik dana atau orang-orang berduit, sudah pasti menjadi tantangan untuk OPZ membuat program pemanfaatan dana zakat yang terus meningkat lebih baik, karena jika programnya jelek sudah pasti tidak akan ada yang meliriknya.

 

Zakat Awards 2022 (dok. pribadi)

Semangat buat OPZ seluruh Indonesia, semoga program yang sudah ada terus menjadi lebih baik dan bisa menciptakan program-program berdaya yang tidak kalah keren lainnya. OPZ dengan kinerja dan program terbaik sudah pasti mendapatkan penghargaan, dengan ini OPZ memiliki nilai tambah untuk sebuah kepercayaan, yang tentunya sangat berdampak baik bagi OPZ itu sendiri ke depannya.

Oh, ya, selain seminar kajian dan award, hari terakhir lebih seru, ada charity concert, buruan hadir ke Indonesia Giving Fest Zakat Expo tahun ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

Mahfud MD (dok. Google) Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif. Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar. Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."