Langsung ke konten utama

FoZ: Peresmian Zakat Expo 2022

 

(dok. pribadi)

Dua puluh tiga desember 2020, merupakan hari pertama pembukaan dan juga sebagai peresmian pembukaan Indonesia Giving Fest. Mengusung tema “The Superb Beginning of Zakat Expo 2022” diresmikan secara langsung oleh Drs. H. Tarmizi Tohor, M.A. selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI.

 

Drs. Tarmizi Tohor, M.A. (dok. pribadi)

Menghadirkan Organisasi Pengelola Zakat se-Indonesia yang juga sebagai anggota Forum Zakat. Banyak booth-booth lembaga zakat di sini, Tennis Indoor Senayan. Agenda akhir tahun ini dilaksanakan selama dua hari, 23-24 Desember 2022. Bertujuan untuk mengenalkan gerakan zakat ke khalayak umum yang lebih luas, dinamika Gerakan zakat harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Tujuan lainnya adalah mengakrabkan antar lembaga zakat, bukan hanya saling tahu keberadaannya namun juga lebih dari mengenal. Saling tahu program dan produk keluaran dari setiap lembaga, yang mungkin bisa menginspirasi atau melakukan kolaborasi dalam pengelolaan zakat.

 

Booth BSI (dok. pribadi)

Jika sosialisai, pengenalan ke masyarakat semakin luas, tahap berikutnya adalah masyarakat diharapkan turut andilnya atau mengambil bagian dalam mengelola kemiskinan di Indonesia. Sampai saat ini kontribusi dana zakat masih terbilang kecil, tetapi lembaga zakat yang ada punya komitmen yang tinggi dalam membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Indonesia Giving Fest selain untuk mengenalkan ke masyarakat yang lebih luas tentang lembaga zakat dan programnya, juga untuk para lembaga itu sendiri, dengan melihat lembaga yang lain bisa saling belajar dan mengukur, sehingga pelayanan dan pengelolaan dana zakat akan lebih optimal pada muzaki dan mustahik. Lebih penting lagi adalah dalam hal jangkauan, dan dampaknya yang menyeluruh hingga pelosok Indonesia.

 

Booth Kampus Umar Usman (dok. pribadi)

Ziswaf sendiri setiap tahunnya mengalami pertumbuhan, tata Kelola yang terus berkembang dan menguat, dalam ekonomi syariah, zakat itu memegang peranan penting, punya potensi untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional. Dana sosial syariah kontribusinya cukup aktif dalam membantu penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ketahanan ekonomi nasioanal bisa dijaga dari sini, potensi zakat nasional adalah sebesar Rp 327.6 triliun dari berbagai sektor zakat. Melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam mempercepat, memperluas, juga memajukan perekonomian dan keuangan syariah nasional.

Booth YBM BRILiaN (dok. pribadi)

Ruang lingkup yang difokuskan adalah pengembangan sektor dana sosial syariah. Indonesia Giving Fest diadakan dengan harapan menjadi kegiatan yang mampu menguatkan literasi ziswaf pada masyarakat terutama muzaki yang akan memberi dampak pada kemaslahatan zakat bagi mustahik. Hal lainnya adalah menguatkan niat masyarakat untuk mau menyalurkan zakat infak dan sodaqohnya ke organisasi pengelola zakat. 

Indonesia Giving Fest merupakan representasi bahwa Indonesia memang layak ditetapkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Untuk itu, pengelolaan zakat harus terus dikembangkan, tidak boleh puas denga napa yang sudah dicapai saat ini, program-program pengelolaan harus terus bertambah dan kualitasnya meningkat. Tidak sekadar sebagai penghimpun dana zakat, yang paling penting adalah pengelolaannya yang bisa mensejahterakan umat. Pemanfaatan dana zakat oleh OPZ harus meningkat secara nasional.

Selama festival berlangsung, bukan cuma booth-booth OPZ saja yang dipersembahkan, pas pembukaan saja langsung diawali tari saman dari SMA SMART 17. Setiap booth bukan cuma kasih literasi zakat, tapi juga ada produk-produk hasil pemberdayaannya, baik berupa makanan maupun hasta karya seperti tas. Seperti yang ada di Booth BSI Maslahat ini.

Booth BSI Maslahat (dok. pribadi)

Dari semua tujuan, pada intinya adalah untuk menarik generasi muda ikut berpartisipasi mengembangkan tata Kelola zakat. Pengumpulan zakat semakin meningkat dan menjadi salah satu penopang umat masyarakat Islam di penjuru negeri. Organisasi Pengelola Zakat yang semakin tumbuh dan semakin banyak membuat pengumpulan dana zakat semakin cepat dan banyak. Lembaga zakat terbanyak itu ada di Indonesia, itu artinya potensi zakat di Indonesia cukup tinggi hingga sangat mungkin mampu berdampak sangat baik pada pembangunan nasional. 

Untuk bisa menarik generasi muda dan para pemilik dana atau orang-orang berduit, sudah pasti menjadi tantangan untuk OPZ membuat program pemanfaatan dana zakat yang terus meningkat lebih baik, karena jika programnya jelek sudah pasti tidak akan ada yang meliriknya.

 

Zakat Awards 2022 (dok. pribadi)

Semangat buat OPZ seluruh Indonesia, semoga program yang sudah ada terus menjadi lebih baik dan bisa menciptakan program-program berdaya yang tidak kalah keren lainnya. OPZ dengan kinerja dan program terbaik sudah pasti mendapatkan penghargaan, dengan ini OPZ memiliki nilai tambah untuk sebuah kepercayaan, yang tentunya sangat berdampak baik bagi OPZ itu sendiri ke depannya.

Oh, ya, selain seminar kajian dan award, hari terakhir lebih seru, ada charity concert, buruan hadir ke Indonesia Giving Fest Zakat Expo tahun ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas

Beberapa waktu lalu berkunjung ke rumah Pakdhe (sebutan untuk kakak laki-laki dari orang tua dalam bahasa Jawa), sedikit banyak bercerita, bertukar kabar, pandemi membuat segalanya terbatas, sapaan dalam jaringan tidak bisa menggantikan. Obrolan mengalir lancar, sedikit ejekan pun tak terlewat, Pakdhe yang satu ini sudah lanjut usia, namun jiwanya tetap muda, bisa mengikuti ritme kerabat yang seusiaku, nyaman untuk berbincang dengan beliau, mungkin salah satu faktornya adalah kehidupan masa tuanya yang tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa. Beliau aman secara finansial, dan lingkungan keluarga yang cukup harmonis.

MiAccount, Satu Kendali di Ujung Jari

Sembilan Juni dua ribu dua puluh dua, jam 10:00 WIB aku ada di ruang temu Microsoft Teams bersama teman-teman blogger yan g kece, kita gathering MiAcc ount dan Halodoc. Hmmm. Enggak jauh dari dunia Kesehatan, kan, pastinya. Webinar kali ini temanya, “Manulife Hadirkan MiAccount dan Tingkatkan Layanan Kesehatan Nasabah dengan Halodoc”.

Yang Baru di Situs Sekretariat Kabinet

Sekretariat kabinet, lembaga negara setara kementerian ini punya peran yang sangat penting. Dia kedudukannya di bawah Presiden dan bertanggung jawab langsung ke Kepala Negara. Tugas dari Sekretariat Kabinet itu memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet pada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.