Langsung ke konten utama

Sekarang Zamannya Membuat Label Sendiri

Contoh label nama

Kebiasaan ngetik, di ponsel atau komputer, atau laptop terus pas harus menulis tangan, langsung stres sendiri soalnya bingung sama tulisan tangan yang berantakan. Hmmm. Apakah cuma aku yang mengalami hal seperti ini?

Tulisan tangan cuma dibutuhkan untuk catatan yang memang membutuhkan cacatan langsung. Di sekolah pun untuk membuat laporan tugas pasti mengandalkan tulisan yang diketik lalu di-print. Di kerjaan malah tulisan tangan cuma untuk menulis memo. Hihihi. Penulisan nama di undangan saja sudah jarang ditemui yang menggunakan tulisan tangan. Kebanyakan sudah menggunakan label dan tulisan di-print, lebih bagus memang karena lebih jelas tulisannya dan meminimalisisr kesalahan huruf.

Ngomongin label, aku pakai label dari SD kelas 4, pertama pakai itu karena lihat teman ada yang pakai untuk menutup tulisan yang salah, sebagai pengganti tipe x. Baru ada merk Tom & Jerry dengan berbagai ukuran, aku pakai ukuran no. 99, pas ukurannya dengan garis di buku tulis. Untuk nama di undangan pun begitu, pakai label yang ukuran jauh lebih besar. Zaman sekarang penggunaan label enggak cuma untuk pengganti tipe x atau nama di undangan, tapi jauh lebih luas, seperti penamaan di toples, di buku, dokumen, dan lain sebagainya.

Untuk itu ada mesin label printer yang kita bisa punya sendiri, ukurannya enggak sebesar printer kertas biasanya, karena untuk label jadi jauh lebih kecil. Brother perusahaan yang selama ini aku tahu produknya itu printer, mesin photocopy, dan mesin jahit ternyata punya produk label printer, lho, dan banyak jenisnya tergantung untuk kepentingan apa dan di mana. Kalau untuk rumah tangga bisa pakai jenis PT-E550W dan PT-H110.

PT-E550W (Orange) dan PT-H110 (Putih)

PT-E550W ini menghasilkan label dangan ukuran lebar maksimal 24mm dan hasilnya TZe laminated tape dan HSe heat shrink tube. Kecepatan cetaknya jika dengan daya menggunakan adaptor menghasilkan label sepanjang 30mm per detik. Jika menggunakan daya baterai menghasilkan label sepanjang 20mm per detik. Dayanya berasal dari AC power, Li-ion baterry, dan baterai Alkaline AAA sebanyak 6 buah. Penggunaannya bisa langsung, terhubung dengan USB, dan WiFi. Recommended banget untuk bidang kelistrikan, komunikasi, dan pusat data.

PT-H110 menghasilkan label dengan ukuran lebar maksimal 12mm dan hasilnya TZe laminated tape. Kecepatan cetaknya menghasilkan panjang 20mm per detik. Untuk jenis ini dayanya menggunakan 6 buah baterai Alkaline AAA. Label printer tipe ini recommended untuk personal, kantor, dan manajemen aset.

Untuk penggunaan di rumah, label-label cocok untuk di tempat bumbu, laci-laci, susunan kotak-kotak serba guna dan sebagainya. Bisa juga untuk nama di buku pelajaran, alat tulis kantor, dan penamaan di botol minum. Untuk di laboratorium pun sangat berguna untuk penamaan ramuan atau zat-zat kimia. Biasanya label itu warnanya putih, tapi Brother menyediakan warna selain putih, ada merah, hijau, juga kuning. Enggak cuma pilihan warna, Brother menyediakan beberapa model, misalnya label strong yang khusus untuk digunakan pada permukaan kasar atau tidak rata, jadi enggak gampang lepas labelnya.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1908 di Jepang ini punya 108 service center di 55 kota di Indonesia, jadi kalau punya produk elektronik merek Brother cari service center-nya lebih gampang. Untuk label printer merek Brother ini garansinya 3 tahun, lho. Label yang dihasilkan punya 6 kelebihan:
  1. Tahan Air
  2. Tahan terhadap cuaca
  3. Tahan suhu panas
  4. Daya rekat yang kuat
  5. Tahan terhadap gesekan, dan
  6. Tahan cairan kimia

Mesin label printer ini tintanya menggunakan cartridge. Dalam satu cartridge panjang labelnya itu 8 meter, harganya mulai Rp 200.000 sampai Rp 500.000. untuk label printer-nya sendiri harganya mulai dari Rp 700.000 yaitu tipe PT-H110 sampai Rp 6.000.000. lucu, kan, kalau punya label printer sendiri di rumah, bisa dipakai keluarga juga yang masih sekolah atau untuk kebutuhan dokumen-dokumen penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

Mahfud MD (dok. Google) Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif. Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar. Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."