Langsung ke konten utama

Yang Baru di Situs Sekretariat Kabinet

Sekretariat kabinet, lembaga negara setara kementerian ini punya peran yang sangat penting. Dia kedudukannya di bawah Presiden dan bertanggung jawab langsung ke Kepala Negara. Tugas dari Sekretariat Kabinet itu memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet pada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sekalipun langsung berada di bawah Presiden, Sekretariat Kabinet juga punya Visi dan Misi. Visinya itu "Menjadikan Sekretariat Kabinet yang profesional dan andal dalam mendukung Presiden dan Wakil Presiden menyelenggarakan pemerintah"

Sedangkan Misinya itu "Memberikan dukungan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dengan memegang teguh pada prinsip tata kelola pemerintah yang baik (good governance)".

Sekretariat Kabinet punya fungsi dan tugas pokok. Bisa cek aja langsung ke website setkab.go.id sekalian ngecek tampilan baru webnya. Hehehe. Soalnya, beberapa waktu lalu baru soft launching tampilan baru website-nya. Lebih apa? Ya, cek sendiri, lah, main-main ke web-nya. Hihihi.

Kalau dibuka pakai PC atau laptop lebih nyaman lihatnya, puas. Beda kalau buka via ponsel, terbtas banget kan layarnya, tapi masih enak buat baca-baca kalau lagi di perjalanan. Sejujurnya, dari web Sekretariat Kabinet itu aku suka cek jajaran menteri perahana dan siapa yang menjabat sebelumnya. Sama laman capaian pemerintah, biar nambah wawasan terkait negara. Ibaratnya, website ini tuh rangkuman dari kegiatan kenegaraan.

Tampilan laman jika dibuka di ponsel dengan pilihan situs desktop.

Aku suka bingung cari link website lembaga kementerian, jadinya tinggal buka website Sekretariat Kabinet, ada semua di situ. Tampilan baru website ini baru beberapa hari lalu, kenapa tampilannya baru? Karena sasaran pembacanya itu para millennial. Jadi, bukan sekadar punya website, tapi juga harus dibuat sedemikian rupa, kan, ngikutin zaman yang kekinian. Eeeaaa.


Nah, kemarin pas launching itu dihadiri orang-orang penting. Mereka adalah Ratih Nurdiati yang merupakan Wakil Sekretaris Kabinet, beliau memberikan sambutan di acara tersebut. Terus ada Thanon Aria Dewangga selaku Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet. Farid Utomo selaku Deputi Bidang Administrasi. Riduan selaku Direktur Commercial  Banking yang juga memberikan sambutan, dan Rohan Hafas Senior Vice President Corporate Secretary.

Tema website sekarang itu "Millennial Berwibawa". Coba dibuka deh setkab.go.id itu memang terlihat sih kalau milennial terus elegan gitu terkesan berwibawa. Pembaharuan ini termasuk dalam langkah upaya perbaikan untuk memberikan informasi. Prinsip One Stop Information membuat Sekretariat Kabinet berupaya memberikan pelayanan kepada publik melalui website resmi.

Peluncuran website setkab.go.id (dok. Imawan)

Bank Mandiri mengambil peran dalam hal ini, keduanya bermitra agar apa yang sedang dikerjakan bisa berjalan dengan baik. Pun, laman setkab.go.id harapannya jadi sumber dan rujukan terpercaya untuk mencari semua informasi kenegaraan, didukung dengan tampilan dan fitur-fitur yang ada saat ini. Laman resmi tersebut juga sebagai wujud inovasi dalam reformasi birokrasi yang menjunjung good governance untuk melayani publik. 

Aku sendiri enggak suka banget sama website lembaga negara, soalnya kaku banget, ya. Formal banget, tampilannya tua gitu. Ya, memang akan terlihat profesional, tapi kan kalau bahas negara itu berat, jangan kasih tampilan website yang kaku juga harusnya. Buatlah website yang mobile friendly terus cepat kalau diakses. Kan capek, ya, butuh info tapi lama banget loading-nya.

Bisa ubah bahasa

Website setkab.go.id ini dikembangkan selama tujuh bulan, sudah dicek sedemikian rupa supaya enggak bisa di-hack. Tahu sendiri kan kalau hacker itu bisa masuk selama ada celah. Hihihi. Bayangkan kalau utak-atik blog sendiri selama tujuh bulan, hmmm, perfectooo.

Baiklah, kali ini mau infoin gitu saja ya, Kawaaannn. Kuy lah ke situs resmi buat cari info, jangan percaya broadcast enggak jelas sumbernya. Jadi netizen jangan cuma bawel, tapi harus cerdas. He he he.

(dok. Setkab)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas

Beberapa waktu lalu berkunjung ke rumah Pakdhe (sebutan untuk kakak laki-laki dari orang tua dalam bahasa Jawa), sedikit banyak bercerita, bertukar kabar, pandemi membuat segalanya terbatas, sapaan dalam jaringan tidak bisa menggantikan. Obrolan mengalir lancar, sedikit ejekan pun tak terlewat, Pakdhe yang satu ini sudah lanjut usia, namun jiwanya tetap muda, bisa mengikuti ritme kerabat yang seusiaku, nyaman untuk berbincang dengan beliau, mungkin salah satu faktornya adalah kehidupan masa tuanya yang tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa. Beliau aman secara finansial, dan lingkungan keluarga yang cukup harmonis.

Pendidikan Non Formal Sebagai Pendukung Pendidikan Formal

Foto sweetlouise dari pixabay Tahun 2022, bulan Februari, yang sekarang kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA pasti lagi mumet cari-cari sekolah dan universitas, banyak banget pertimbangan, mulai dari minat sampai kesanggupan orang tua. Meski sekarang sistem zonasi berlaku, tetap saja ada banyak hal yang dipertimbangkan jika terkait pemilihan sekolah. Untuk yang universitas, sudah pasti mencari yang punya jurusan impian, akreditasinya bagus, lokasinya oke, biayanya terjangkau, dan lain-lainnya.

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.