Langsung ke konten utama

Berburu Lowongan Kerja di Qareer Carnival

"Sekarang kerja di mana?""Masih kerja di perusahaan X?""Sudah dapat kerjaan?""Jadi ngelamar di instansi X, gak?"

Itu sedikit dari banyak pertanyaan yang biasanya ditanya oleh teman, saudara, atau kerabat yang jauh dan jarang bertemu atau berkomunikasi. Apalagi pas lebaran kemarin, aku jamin deh, enggak sedikit bahasan seputar karier. Wong akupun juga menerima pertanyaan sejenis.

Tapi, ya, gimana, ya, semua orang pasti nanya gitu, pertama sih karena gak ada bahan omongan, kedua yaaa mencoba peruntungan, mungkin ada celah lowongan kerja di sana. Kalau yang sudah punya kartu nama atau identitas sebagai karyawan di suatu perusahaan, sih, gampang saja tinggal jawab adanya. Tapi gimana yang baru resign, baru lulus, atau sudah banyak melamar tapi belum dapat juga?

Perihal kerja ini bukan sepele yang penting ada rutinitas setiap hari dan dapat gaji setiap bulan. Karena kerja harus ikhlas dan kita suka sama kerjaan itu. Lain hal kalau memang tuntutan, ya, aku pernah merasakan ini karena buat bayar pendidikan.

Masalah-masalah orang belum dapat kerja itu banyak, di antaranya belum keterima di mana pun, kursi yang kosong tidak sesuai dengan latar pendidikan dan atau kemampuan kita, kalau pun ada yang pas pekerjaannya, tidak cocok dengan ijazah yang ada. Ada juga yang karena hanya tidak memnuhi salah satu syarat dari perusahaan tempat melamar. 

Aku merasakan melamar kerja sehari 10 CV, seriusan ini enggak bohong, dan, enggak ada satu pun yang diterima. Sudah lelah, letih, lunglai, yah seperti itu lah. Ikut job fair juga pernah, antri panjang, bawa CV banyak dan enggak ada satu pun yang cocok.

So, Guys, tanggal 3 Juli kemarin aku di UnionSpace barengan teman-teman dapat informasi seputar kerja. Jadi tuh ada website yang fungsinya untuk orang-orang yang lagi cari kerja. Sama seperti Job Fair pada umumnya, tapi ada yang beda banget, bukan sekadar beda dari job fair yang biasanya ada, tapi beda dari event sebelumnya. 

Jadi, gini, job fair ini dibuat paper less, kita kalau mau ngelamar enggak perlu pakai bawa-bawa sekian banyak CV dan taro di setiap perusahaan atau lowongan yang sekiranya cocok. Tapi, cukup dengan isi data di Qareer Carnival terus apply CV juga di situ. Sudah enggak perlu lagi bawa-bawa kertas dan bingung cari tempat fotokopi. 

(Ki-ka) Mas Geo dan Mbak Jennifer yang menerangkan tentang Job Fair Qareer Carnival 2018 di Jakarta.

Tapiii, karena paper less, itu artinya mengandalkan gawai, terutama smartphone. Event job fair qareer carnival ini terselenggara selama 2 hari, yup, tanggal 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa tepatnya ballroom Yudistira. Biasanya kalau job fair, ya, cuma ada booth-booth perusahaan yang buka lowongan. Tapi di qareer carnival ini disediakan talkshow juga seputar dunia kerja. 

Ada perusahaan yang juga walk-in interview, terus tersedia rest area yang ada banyak colokan buat ngecas ponsel. Iya, nanti di sana seluruhnya pakai sistem digital, makanya CV di-apply dari sekarang di website Qareer Carnival, pas hari H sudah enggak ribet urus CV, cukup bawa ponsel dan power bank dengan baterai terisi penuh.

Qareer Carnival tahun ini sponsornya ada Binus, BNI 46, Coca-cola, Bukalapak, Danamon, AXA Mandiri, juga Aice. Tahu Aice, kan? Itu, lho brand es krim yang lagi booming karena banyak pikihan, enak terus harganya murah banget. Hahaha. Jadi, di area job fair qareer carnival, para peserta bisa menikmati es krim Aice gratis.

(dok. Qareer Carnival)

So, aku ingetin lagi, baterai ponsel dan power bank harus penuh, karena segala sesuatunya nanti pakai ponsel, seperti cek perusahaan pake QR Code, setiap mau pindah perusahaan harus scan QR Code lagi dan QR Code itu cuma bisa diakses di area job fair, makanya jangan sampai pas lagi cek, baterai ponsel habis, yaaa, kan, gimana, ya.

Job fair qareer carnival ada banyak banget lowongan kerjanya, enggak melulu sales dan atau marketing seperti job fair yang biasanya. Mulai dari lulusan SMK sampai S2 bisa coba peruntungan di Qareer carnival ini. Jangan lupa lokasinya di Gedung Patra Jasa, pintu dibuka mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Sebelumnya, daftar dulu di website Qareer Carnival.

Untuk info lebih lanjut, mau tanya lebih detail, bisa WhatsApp ke nomor 081213900100, yang di luar kota, tenang saja, Qareer Carnival bakalan keliling, kok, setelah di Jakarta ini, bakalan ke Depok terus ke Surabaya. Mungkin selanjutnya di kota kamu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Persiapan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas

Beberapa waktu lalu berkunjung ke rumah Pakdhe (sebutan untuk kakak laki-laki dari orang tua dalam bahasa Jawa), sedikit banyak bercerita, bertukar kabar, pandemi membuat segalanya terbatas, sapaan dalam jaringan tidak bisa menggantikan. Obrolan mengalir lancar, sedikit ejekan pun tak terlewat, Pakdhe yang satu ini sudah lanjut usia, namun jiwanya tetap muda, bisa mengikuti ritme kerabat yang seusiaku, nyaman untuk berbincang dengan beliau, mungkin salah satu faktornya adalah kehidupan masa tuanya yang tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa. Beliau aman secara finansial, dan lingkungan keluarga yang cukup harmonis.

Pendidikan Non Formal Sebagai Pendukung Pendidikan Formal

Foto sweetlouise dari pixabay Tahun 2022, bulan Februari, yang sekarang kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA pasti lagi mumet cari-cari sekolah dan universitas, banyak banget pertimbangan, mulai dari minat sampai kesanggupan orang tua. Meski sekarang sistem zonasi berlaku, tetap saja ada banyak hal yang dipertimbangkan jika terkait pemilihan sekolah. Untuk yang universitas, sudah pasti mencari yang punya jurusan impian, akreditasinya bagus, lokasinya oke, biayanya terjangkau, dan lain-lainnya.