Jumat, 08 Desember 2017

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.


Sekitar seminggu yang lalu ada seorang teman kasih kabar katanya mau ke Jakarta, penerbangan dari Kalimantan karena memang domisili di sana. Aku senang pake banget, selama dia di Jakarta nanti aku usahain jadi tour guide dia. Pas aku tanya kapan waktunya, dia bilang akhir Desember ini, dan aku juga senang, dong, soalnya itu memang jadwal long holiday, ya, natal dan tahun baru.

Selama ini kita cuma kenal di media sosial dan grup gitu, jadi senang banget pas tahu dia mau ke sini. Sebelum ke sini aku banyak tanya dan pastiin bahwa dia sudah merencanakan semuanya dengan matang. Soalnya kemarin tanggal 6 Desember Pak Bernardus P. Wanandi Vice President Director MSIG Insurance di acara Blogger Gathering Mobil123 untuk menyambut libur akhir tahun, semuanya harus sudah direncanakan.

(Ki-ka): Ibu Enny (Senior General Manager Production MSIG), Bpk. Bernardus (Vice President Director MSIG), dan Bpk. Indra (mobil123)

Kalau mau liburan, selain ongkos transportasi utama, jangan lupa cari hotel dengan fasilitas yang sesuai budget dan kebutuhan. Enggak perlu lah hotel dengan fasilitas mewah kalau kita akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkeliling di lokasi tujuan. Kalau hanya untuk tidur saja, baiknya pilih hotel yang memang nyaman untuk meninggalkan barang-barang dan kita bisa tidur nyenyak. Pilih hotel yang aksesnya mudah dan lokasinya aman. Untuk itu, sebelum pesan hotel, berselancar dulu di internet, cari berbagai info untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Teman aku yang dari Kalimantan ini termasuk solo traveling, jadi aku pastikan dia melakukan segalanya tanpa merepotkan diri sendiri. Bagusnya dia sudah membuat rencana mau ngapain saja di sini dan kapan waktunya. Karena buat solo traveling mesti lebih berhati-hati terhadap orang asing, jangan pernah bilang kalau lagi solo traveling, bilang saja sedang menunggu teman atau saudara. Bukan apa-apa, tapi kita enggak pernah tahu isi hati dan pikiran setiap orang. Buat teman-teman yang mau mencoba solo traveling, ya silakan, sensasinya pasti beda banget dibanding bareng beberapa teman.

Aku pribadi kalau traveling enggak pernah persiapan yang aneh-aneh, beneran cuma bawa barang yang dibutuhkan, pakaian pun aku bawa sesuai lokasi tujuan dan kenyamanan, bukan yang bagus, tapi yang nyaman dan bersih, biar tas enggak berat dan ruang kosongnya bisa digunakan untuk barang lain. Pakai gawai juga enggak berani sembarangan di pinggir jalan, takut ada yang niat gak baik. Huhuhu.

Balik ke temanku, dia ini pakai transportasi publik dan kayaknya bakal semingguan di Jakarta, kita enggak pernah tahu, ya, apa yang bakal terjadi semenit ke depan. Jadi, aku saranin dia buat beli asuransi perjalanan dari MSIG. Asuransi ini bakal meng-cover kejadian-kejadian yang enggak kita inginkan selama liburan. Misalnya penerbangan yang terlambat, sakit selama liburan, atau keterlambatan bagasi, dan masih banyak lagi. Pembeliannya juga enggak ribet, temanku itu aku suruh beli secara online aja di www.msigonline.co.id atau melalui 021-252 3852. Yup, bisa dibeli secara online, asik banget gak, tuh. Terus cara bayarnya juga gampang, bisa dari Kartu Kredit, Bank Transfer, atau Virtual Account. Setelah pembayaran dilakukan, kita akan menerima ePolicy melalui email. Misal sudah pernah beli asuransi MSIG Travel Insurance, untuk pembelian selanjutnya data kita sudah terekam di MSIG, jadi lebih mudah pembeliannya. Ada diskon 24% untuk pembelian di periode 12-31 Desember 2017.

Setelah tanya ini-itu, aku suruh dia cek sendiri di website dan live chat sama customer service MSIG. Setelah dia heboh dengan rencananya ke Jakarta, giliran aku yang berkali-kali ingetin dia juga untuk meninggalkan rumahnya dalam keadaan aman seperti yang disampaikan Pak Bernardus. Biar Temans juga bisa meninggalkan rumah dengan aman, nih, aku kasih tahu tips-tipsnya.
  1. Cabut kabel peralatan elektronik dan aliran tabung gas. Wadah berisi minyak atau pemicu api harus ditutup rapat.
  2. Semua akses masuk rumah harus dikunci seperti jendela, pintu, dan pagar. Barang-barang berharga simpan di lemari dan kunci rapat.
  3. Tutup semua keran air, kalau atap rumah ada yang bocor, siapkan ember atau wadah untuk menampung air hujan.
  4. Penting buat titip-titip ke tetangga, lapor ke Pak RT atau satpam untuk sesekali mengecek rumah kita.
  5. Kalau punya media sosial, gunakan dengan bijak, jangan sesumbar lokasi dan kegiatan kita, karena kita enggak pernah tahu kalau ada orang yang berniat enggak baik karena tahu rumah kita sedang kosong.
  6. Lindungin rumah dengan asuransi. Asuransi perjalanan MSIG ini bakal melindungi rumah kita selama kita dalam perjalanan. Hmmm. MSIG beneran menyediakan kenyamanan menakjubkan buat yang mau liburan.

Buat aku, liburan itu semacam kepuasan batin, ya, jadi harus dipersiapkan dengan baik. Diusahakan jangan sampai terjadi hal-hal yang enggak diinginkan. Kalau ada teman yang liburan ke suatu tempat, aku enggak pernah minta oleh-oleh dari dia walau ditawarin. Cukup tahu dia pergi dan pulang dalam keadaan selamat dan baik-baik saja. Have fun, ya, buat Temans yang sudah siap liburan ke tempat impian.

dok. ISB

33 komentar:

  1. iya benar juga ya, kalau kita sesumbar lagi ada di mana lalu ada orang jahat tau dari medsos kalau rumah lagi kosong bahaya juga

    BalasHapus
  2. Privacy musti dijaga saat kita di perjalanan biar aman untuk diri sendiri juga rumah yg ditinggalkan

    BalasHapus
  3. Y si siapa yang akan tau yang akan terjadi nanti, tetep harua jaga2 y. Terimaksih tips kalau meninggalkan rumah kadang2 suka lupa

    BalasHapus
  4. Tips yang berguna. Mantap, Wid. (Y)

    BalasHapus
  5. Mantap mba Widya... Liburan itu kewajiban juga...

    BalasHapus
  6. Bener bgt tuh wi, cabut aliran tabung gas. Itu tuh yg emak2 suka pada lupa. Terdengar sepele tapi sangat penting.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Asuransi skr ada banyak ya.. Gak cuma asuransi jiwa... Ada asuransi rumah, dan perjalanan segala.


    Hemm kan aku mau travelling ya.. Tinggal diasuransiin aja ya...

    BalasHapus
  10. Asuransi penting yak utk traveller. Jd lebih aman dan nyaman aja saat bepergian. Krn kita gak tau apa yg akan terjadi nanti.

    BalasHapus
  11. Jangan lupa bawa dompetnya klo liburan....hehehe

    BalasHapus
  12. Mantaaaap tips nya mba wid. Thanks

    BalasHapus
  13. Udh dicatet mba. Siap laksanakan

    BalasHapus
  14. Keren ...manfaat bgt tips.ny...

    BalasHapus
  15. Tipsnya berguna banget buat yg solo traveling. Mata jadi berbinar juga liat ada diskon. Hahaa

    BalasHapus
  16. Keren thank you so much n have a nice holiday n happy new year 2018

    BalasHapus
  17. Nah, khan biar liburanny nyaman dan tenang, perlu banged yang namanya proteksi.

    Hehhe.. Aku pun kalau mau nitip oleh2, transfer dulu biar nggak ngerepotin.

    BalasHapus
  18. Tipsnya berguna banget mba... 👍

    BalasHapus
  19. Tipe teman idaman nih yang gak minta oleh kalau orang lain liburan. Asuransi perjalanan bikin liburan jadi nyaman ya. Karena selama di perjalanan gak ketahuan bakal ada kejadian apa. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  20. Setuju jgn sembarangan ngasih info pribadi saat akan bepergian, kita kan gak tau ya niat orang. Penting bgt jg prepare asuransi sebelum bepergian jauh, agar tenang ya.

    BalasHapus
  21. Wah asyik nih ada travel insurance. Pas buat yangs ering traveling

    BalasHapus
  22. Pas banget deh hadir di musim liburan, jadi nyaman dan tenang kitanya. Heheh

    BalasHapus
  23. Proteksinya lengkap ya dan beguna banget nih buat aku yg pengen liburan

    BalasHapus
  24. Tips nya ok. Mpo suka titip sama jaga warung nanti kasih oleh oleh dan uang. Skalian ngasih makan hewan piaran di rumah

    BalasHapus
  25. Berlibur akan tenang jika memuliki asuransi yang pass,

    BalasHapus
  26. Liburan asiik kalo semua persiapan sudah rapih dan trrjamin ya

    BalasHapus
  27. Kebetulan nih Wid aku lagi cari info untuk liburan yang nyaman dan aman bersama keluarga. Karena rencana akhir tahun mau liburan keluar kota dengan anak-anak. Thanks ya infonya

    BalasHapus
  28. Travel insurance perlu ya untuk yang sering bepergian, selain aman juga nyaman selama perjalanan, jadi bisa enjoy deh menikmati liburan. Makasih sharingnya ya, Wid.

    BalasHapus
  29. Terima kasih tipsnya. Ini juga bakal liburan meski dekat tapi tetep prosedur keamanan harus jalan.

    BalasHapus
  30. Iyap banget. Kalo lagi traveling, sebaiknya jangan sesumbar. Entah kenapa, aku senangnya apdet foto traveling setelah sampai lagi di rumah.

    BalasHapus
  31. Wahhh, tipsnya keren mb. Rekomended nih 😁
    Saling sapa, dan mari mampir di blog saya mb. Salam kenal 😁

    BalasHapus
  32. Makasih tips bepergiannya. Sudah dipraktekkan, termasuk lapor RT.

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah mampir, semoga anda membacanya dengan saksama dan berkenan meninggalkan komentar. Salam. :)