Langsung ke konten utama

Salurkan Zakat di Zakatin Juga Boleh, Lho

Eh, eh, gaji kamu berapa, sih?

Kamu sekali event dibayar berapa, sih?

Sudah bisa beli apa saja dari hasil kerjaan kamu ini?

(difotoin Laily Desy)

Apaan, sih, woy! Rahasia perusahaan lah itu, ngapain tanya-tanya? Mau pindah kerja? Atau cuma mau bikin perbandingan siapa yang lebih banyak hartanya?! Gabole gitu kamu, ih, enggak akan bahagia kamu kalau terus membandingkan.

Terus, ya, mendingan kita sharing, kali aja terinspirasi suatu kebaikan, ya kan? Misalnya, pas kamu baca tulisan ini, nih, aku lagi mau berbagi yang semoga bisa jadi kebaikan, yaks, semoga bermanfaat buat banyak orang, enggak ngarep muluk-muluk sebut dunia dan akherat, aku soalnya enggak tahu perhitungannya gimana?!
Hahaha

Yaks, jadi gini, Ges. Lembaga philantrophy di Indonesia kan banyak banget, ya, dari yang heits banget sampai yang “B aja”. Ini aku mau berbagi tentang salah satunya, enggak tahu dia ini di level “B aja” atau sudah heits cetar membahana badai.

Pernah dengar atau tahu www.zakatin.com? Atau jangan-jangan malah sudah pernah dan rutin zakat dan atau sedekah di situ, ya?

Zakatin itu salah satu platform yang bisa kita pakai untuk menyalurkan zakat kita, bisa dari harta, profesi, perdagangan, emas atau bentuk lainnya. Tinggal pilih, kita mau zakat dan sedekah dari bagian mana?

Kalau kita buka website Zakatin yang warnanya putih-orange itu, di laman pertama tampilan peta dengan beberapa titik berupa angka yang kalau kita klik, dia akan otomatis nge-zoom dan menjadi beberapa titik lokasi warna biru, kalau titik itu kita klik, akan keluar profil mustahik atau fasilitas umum yang butuh bantuan, masjid misalnya.



Bagian atas itu kita bisa pilih mau salurkan ke lokasi mana, dan untuk siapa, nanti si peta yang bekerja keras memilah siapa yang ada di daerah mana dan butuh bantuan. Ehe he ehe. Karena Zakatin menyalurkan ke 8 asnaf penerima zakat, jadi kita bisa pilih, mau salurkan ke golongan mana. Enggak cuma milih siapa orangnya, tapi jadi lebih spesifik lagi, kita bisa pilih tujuannya buat apa, anak yatim kah, korban bencana kah, kesehatan atau kategori lainnya.



Di bagian kanan atas ada pilihan menu, kalau diklik keluarnya kayak gambar di bawah ini, nih. Mari kucoba jabarkan satu per satu, ya kali aja kan kelean masih ada yang belum paham, atau enggak mau buka sendiri, tapi mau baca review-nya dulu, ya, kaaannn.



1. Zakat
Di sini kita bisa salurkan zakat 2.5%, jenisnya yang bisa dizakain sudah aku sebutkan, ya di atas. Kalau diklik menu zakat, nanti tampilannya seperti di bawah ini. Jenis, Nominal, Identitas bisa dibuat anonim seperti yang terlihat, Email dan nomor HP, untuk dikirimkan konfirmasi.


Laman kedua isinya seperti di bawah ini. Pilih amil zakatnya, nanti di bagian Disalurkan Melalui ada pilihan-pilihannya, misalnya pilih Yayasan, nanti dibagian tersebut akan keluar nama-nama Yayasan di setiap daerah yang terjangkau oleh Zakatin. Pilih lagi asnaf zakatnya, terus sampaikan doa kalau mau, kaleu enggak mau bisa dilewatkan saja.


Bagian metode pembayaran begini tampilannya, bisa pilih mau transfer ke Bank mana disesuaikan saja.


Kalau sudah, lanjut dan keluar laman seperti di bawah ini. Instruksi Pembayaran yang isinya kode yang perlu dimasukkan saat akan transfer, dan di belakang nominal akan selalu ada kode unik berupa 3 digit angka yang juga dizakatkan, keterangannya pun jelas.



2. Donasi
Di laman ini ada donasi umum, ada pilihannya juga, kayak tampilan di bawah ini, nih. Pilih Sarana dan Infrastruktur, nanti keluarnya ada masjid, pembebasan lahan, alat transportasi, hingga sekolah. Dia bentukannya kayak campaign gitu, ada target nominal dan batas waktu, kita bisa donasi mulai dari Rp 10.000.




3. Inspirasi
Ini website enggak membosankan buat aku yang suka baca, di sini ada kolom Inpirasi. Isinya ya kisah hidup pun perjalanan hidup yang sarat makna, banyak nilai dan hikmah yang terkandung di dalamnya, ini sebagian isi dari salah satu kisah, lainnya baca sendiri saja, ya.



4. Galang Dana
Gengs, kita enggak cuma bisa zakat dan donasi tapi juga bisa galang dana, iya, buka campaign di Zakatin. Sebelumnya harus punya akun dahulu, nah nanti buka campaign-nya bisa sebagai individu atau atas nama lembaga. 



Yaks, begitu kira-kira tentang Zakatin, informasi lebih lanjut dan lebih info lainnya bisa cek Instagram @zakatin.official atau akun YouTube Zakatin . com (iya, titiknya pakai spasi). akhir kata, selamat bersaing dalam kebaikan tanpa pamer, babaaayyy.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

Mahfud MD (dok. Google) Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif. Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar. Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."