Langsung ke konten utama

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet RI Tahun 2018

Mengingat masa lalu, halah, enggak masa lau juga, sih, terkadang aku masih melakukannya, kok. Hmmm, ni perihal pertaruhan di dalam media sosial. Hahaha. ikut lomba atau kuis-kuis gitu maksudku. Dulu, sih, rajin banget, sekarang kadang-kadang, malahan kalau inget.


Banyak banget, sih kuis-kuis atau lomba di media sosial yang aku ikutin, mulai dari hadiah pulsa sepuluh ribu sampai yang hadiahnya lumayan. Hahaha. tahun ini banyak lomba dan kuis yang hadiahnya luar biasa, di semua medi sosial ada. Mulai dari kuaci sampai kuis dan lomba yang diadakan lembaga-lembaga pemerintahan, salah satuya yang diadakan oleh Sekretariat Kabinet.

(dok. setkab.go.id)

Sekretariat kabinet ini kan punya tugas memberikan dukungan pengeolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden. Jadnya Sekretariat kabinet ini terus berperan akif dalam menyebarluaskan informasi tentang kinerja pemerinta untuk #MenujuIndonesiaMaju dan media sosial menjadi salah satu cara untuk menyampaikan informasi tersebut.

Balik lagi ke masalah lomba, jadi untuk membuat masyarakat Indonesia lebih dekat dan mengenal kabinet kerja serta program-programnya, tahun 2018 ini Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung program dan kebijakan #MenujuIndonesiaMaju dengan menyampaikan aspirasinya melalui lomba media sosial.

Lombanya ini enggak Cuma satu kali, tapi hampir sepanjang tahun dan di banak platform media sosial. Dimulainya Maret 2018 sampai Desember 2018, nah, hampir sepanjang tahun, kan?
Lombanya ada di Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, juga lomba blog. Lomba di Youtube itu membuat vlog mengenai pembangunan infrastrktur di Indonesia dan manfaatnya. Lomba film pendeknya bercerita mengenai program prioritas pemerintah. Kalau  di Facebook ada kuis mengisi teka-teki silang dan mengisi kata yang hilang dari tulisan pidato Presiden/Seskab. Kuis di Twitter juga mengisi teka-teki silang dan membuat kultweet dalam  bentuk moment atau chirpstory. Terkahir di bulan November ini kuisnya terkait kepahlawanan.

Platform Instagram mengadakan lomba membuat video reportase satu menit, menemukan kata dalam kotak, yang terakhir membuat meme yang juga terkait kepahlawanan. Lomba blog ini cukup banyak peminatnya, tahu enggak artinya apa?
Ya, berarti banyak yang mau banget menyampaikan langsung aspirasinya ke pemerintah, dan lomba blog yang diadakan Sekretariat Kabinet ini jadi salah satu perantaranya. Aku yakin banget semua tulisan yang masuk dibaca denga seksama.

Jadwal pelaksanaan lombanya ini enggak berantakan, untuk platform Twitter, Instagram, dan anpage itu kuisnya diadakan satu bulan sekali, mulai bulan April sampai November 2018. Youtube hanya diadakan selama 2 kali, yang pertama itu bulan Mei sampai Juli 2018, yang kedua itu bulan Oktober sampai Desember 2018. Lomba blognya hanya sekali, diselenggarakan bulan Juli sampai September 2018.

Kuis yang pertama kali itu Twitter tapi bulan Maret, pas di hari launching-nya, aku masih ingat ada kalimat pengantar judulnya INDONESIA LAYAK INVESTASI, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk membenahi fundamental pereonomian Indonesia. Perbaikan struktural yang dilakukan dalam upaya peningkatan iklim usaha dan investasi berhasl mendapatkan pengakuan dari dunia inernasional. “Sebutkan empat lembaga pemeringkat internasional yang memberikan pengakuan kepada indonesia sebagai negara layak investasi!”

Kuis itu aku ikutan jawab, tapi sayangnya aku belum beruntung untuk dapatkan tabungan dari Bank Mandiri. Oh, iya, semua hadiahnya itu berupa tabungan dari Bank Mandiri, mulai dari satu juta rupiah. Lalu, setelah itu aku  lupa terus setiap mau ikutan, pas inget pas lewat tanggal. Hahaha.

Oh, aku ikutan terakhir yang di bulan ini, iya, November. Ada Facebook, Instagram, dan Twitter. Aku ikutan yang di Facebook, jawab teka-teki silang gitu, dan, taraaa!!! Aku enggak menang lagi. Hahaha. enggak apa-apa juga, sih, iseng-iseng berhadiah, kan. 

Sekadar info, ini dia nama-nama pemenang bulan November di platform Facebook, Instagram, dan Twitter:

Facebook masing-masing dapat hadiah tabungan Rp  1.000.000:
@Yanti Alif
@Vicky Iskandar
@Hendy N de’javas
@Tauhid Bule Patriajaya
@Muadz Mutakhir
@Didik Wahyu


Instragram masing-masing dapat hadiah tabungan Rp 1.000.000:
@ipunk.dk
@tisnafirman
@ummifikri
@irfan_malik_a
@jejak.sandaljepit
@nazarkunn
@isaacaugusta
@riza_muham
@soeliem22
@isolasibening


Twitter masng-masing dapat hadiah tabungan Rp 2.000.000:
@nuryantidewi78
@HendriyantoZaki
@aidan_darwinds
@Greschinov
@st_nurjanah
@is_nhaa
@mayasiswadi
@me_idy
@lamhotgultom618
@nona_melinda

Itu semua mereka yang beruntung menambahkan saldo tabungannya dai Bank Mandiri. Coba, dibaca baik-baik, mungkin ada nama kamu. Jangan lupa hadiahnya diurus, atau buat aku saja. Ehe ehe ehe. 

Kuberharap tahun depan ada lagi program semacam ini, dan aku akan pasang alarm di setiap jadwal. Hahaha.

(dok. setkab.go.id)

Komentar

  1. Ada nama aku, ada nama aku yihaaaaa. Jajan bakso eh ngga deng. Untuk tabbungan masa depan aja eaaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya. Sila tinggalkan komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas

Beberapa waktu lalu berkunjung ke rumah Pakdhe (sebutan untuk kakak laki-laki dari orang tua dalam bahasa Jawa), sedikit banyak bercerita, bertukar kabar, pandemi membuat segalanya terbatas, sapaan dalam jaringan tidak bisa menggantikan. Obrolan mengalir lancar, sedikit ejekan pun tak terlewat, Pakdhe yang satu ini sudah lanjut usia, namun jiwanya tetap muda, bisa mengikuti ritme kerabat yang seusiaku, nyaman untuk berbincang dengan beliau, mungkin salah satu faktornya adalah kehidupan masa tuanya yang tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa. Beliau aman secara finansial, dan lingkungan keluarga yang cukup harmonis.

Pendidikan Non Formal Sebagai Pendukung Pendidikan Formal

Foto sweetlouise dari pixabay Tahun 2022, bulan Februari, yang sekarang kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA pasti lagi mumet cari-cari sekolah dan universitas, banyak banget pertimbangan, mulai dari minat sampai kesanggupan orang tua. Meski sekarang sistem zonasi berlaku, tetap saja ada banyak hal yang dipertimbangkan jika terkait pemilihan sekolah. Untuk yang universitas, sudah pasti mencari yang punya jurusan impian, akreditasinya bagus, lokasinya oke, biayanya terjangkau, dan lain-lainnya.

MiAccount, Satu Kendali di Ujung Jari

Sembilan Juni dua ribu dua puluh dua, jam 10:00 WIB aku ada di ruang temu Microsoft Teams bersama teman-teman blogger yan g kece, kita gathering MiAcc ount dan Halodoc. Hmmm. Enggak jauh dari dunia Kesehatan, kan, pastinya. Webinar kali ini temanya, “Manulife Hadirkan MiAccount dan Tingkatkan Layanan Kesehatan Nasabah dengan Halodoc”.