Langsung ke konten utama

Indonesia dan Jepang Menyatu Dalam Lidah

Gaes, Hokben sejak 1985 sudah memiliki sekian banyak gerai, beberapa yang aku tahu itu di Blok M, Hotel Kartika Chandra, Plaza Festival, BSD Square, Tang City, dan Tangerang Kota. Sebenarnya masih banyak banget, tapi itu yang aku notice saja, ya.

Hokben Tangerang Kota

Sebelum hari terakhir di Februari 2018 aku ke Hokben Tangerang Kota, lokasinya strategis, sih, gampang dicari dan dekat beberapa land mark. Dari stasiun kereta Tangerang, tinggal jalan kaki saja sejauh kurang lebih 900 meter. Kalau naik ojol  (ojek online) murah, sih, tapi jalurnya memutar, karena hokben Tangerang kota ini di jalur satu arah, jadi kalau naik transportasi umum malah semakin jauh.

Bersama Ibu Kartina Mangisi - Communications Division Head Hokben 

Patokan lainnya, Hokben Tangerang Kota enggak jauh dari masjid Al-Azhom yang terkenal itu, tepat di seberang Hokben ada SMAN 1 Tangerang, dan di samping Hokben itu Polres Tangerang. Jadi gampang banget carinya, tempat parkirnya enggak luas tapi cukup. "Di sini tersedia 116 kursi, ada musala, ada ruang untuk meeting atau ulang tahun, bangunannya juga 2 lantai," jelas Pak Sonni Rakasiwi Store Manager Hokben Tangerang Kota.

Bersama Bapak Sonni Rakasiwi - Store Manager Hokben Tangerang Kota

Aku ke sana nyobain sambal Padang, Jawa, dan Bali sama menu hokben yang beraroma Jepang. Kenapa Padang, Jawa, dan Bali? Soalnya ada 3 jenis sambal yang tersedia di Hokben yaitu Sambal Hijau, Sambal Bawang, dan Sambal Matah. Awalnya enggak yakin, nih, apa jadinya kalau sambal asli Indonesia ini dimakan pakai makanan Jepang? Biasanya sambal-sambal itu aku makan pakai menu-menu goreng khas Indonesia. Tapi, sekarang harus coba mencampurkan rasa dua negara. Hmmm

3 sambal dijual dalam kemasan plastik (dokpri)

Sambal hijau terbuat dari cabai hijau besar, rasanya enggak terlalu pedas, mirip sambal di rumah makan padang, sih, enggak terlalu pedas gitu. Aroma cabai hijau enggak terlalu terasa, enak banget makannya dicampur beef teriyaki.

Sambal hijau (dokpri)

Burung kertas untuk beef teriyaki (dokpri)

Beef teriyaki dengan sambal hijau (dokpri)

Sambal bawang terbuat dari cabai merah keriting dan bawang merah, teksturnya mirip sambal goreng. Rasanya pedas, awal makan, sih, biasa, tapi lama-lama terasa panas juga di mulut. Hahaha

Sambal bawang (dokpri)

Sambal matah yang biasanya terbuat dari cabai dan bawang mentah, kali ini dimatangkan terlebih dahulu. Mungkin untuk menghilangkan aroma bawang merah, atau biar lebih awet kali, ya. Dibuat dari cabai rawit merah yang besar-besar, jadi rasa pedasnya ugh banget dibanding sambal yang lain. 

Sambal matah (dokpri)

Sambal hokben bisa dibeli terpisah dengan harga Rp 5.000 setelah pajak. Jadi, kalau mau beli sambalnya saja pun bisa. Paket menu juga tersedia, namanya Hoka Suka. Hoka Suka punya 3 pilihan menu, ada Hoka Suka 1, 2, dan 3. Masing-masing berbeda di lauk utamanya.

Bersama Bapak Jasata - Brand Activation Division Head Hokben

Hoka Suka 1 terdiri dari Yakitori Grilled, nasi, acar, kering kentang, dan sambal. Untuk sambalnya bisa milih, mau Hijau, Bawang, atau Matah. Aku ambil menu Hoka Suka 1 dan sambalnya yang matah. Itu jadi inget sama sate taichan yang lagi hits, soalnya Yakitori ini daging ayam tanpa lemak yang ditusuk seperti sate dan dimasak dengan saus teriyaki dengan proses panggang.

(Dokpri)

Hoka Suka 2 terdiri dari Ebi Furai, nasi, acar, kering kentang, dan sambal. Berhubung ebi furai itu udang yang dilapisi tepung roti dan dimasak dengan metode deep frying oil jadi makannya cocok nih pakai sambal bawang, dilumuri gitu.

(Dokpri)

Hoka Suka 3 sendiri isinya Chicken Katsu, nasi, acar, kering kentang, dan sambal. Chicken Katsu yang seperti Ebi Furai, dilapisi tepung dan dimasak dengan metode deep frying oil enak banget kalau pakai ketiga sambal dicampurkan, rasanya nyummy banget. 

(Dokpri)

Resto yang memiliki sertifikat halal dari MUI dengan nomor HS4A4723/092015/HHB ini selain menyajikan tempat nyaman dan makanan enak, pelayanannya juga cepat dan ramah. Enggak heran setiap ke Hokben mana pun pasti panjang antriannya, kecuali datang pagi-pagi, ya.

(Dokpri)

Oh, ya, Hokben Tangerang Kota ini buka 24 jam, jadi kalau pas tengah malam lagi ada di wilayah Tangerang Kota atau tinggal di sana dan lapar, bisa melipir ke sini. Sudah malam dan malas keluar? Tenang aja, telpon ke 1-500-505 dengan minimal order Rp 50.000. Huh hah bareng sambal asli Indonesia dari Hokben.

Hoka Suka 1 dan ketiga pilihan sambal (dokpri)

(Dok. Dedy Darmawan)

Komentar

  1. Ini Hokben yang dulunya di Cimone itu kan yah? Oalah sekarang pindah di depan SMAN 1 Tangerang? pantesan dicariin di Cimone gak ada.

    BalasHapus
  2. ganti template lagiu ya.....


    hokben mah ga ada di situndo. kaefci juga.. apaan coba.... pmasak kudu ke jember dulu

    BalasHapus
  3. emang maknyus nih salah satu Kuliner khas jepang yang sudah beredar di Indonesia. Mantap pokoknya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Hola, siapa pun anda, terima kasih sudah mampir. Semoga anda membacanya dengan seksama dan dalam tempo secukupnya. Sila tinggalkan komentar

Postingan populer dari blog ini

Sikap Teladan dari Perjalanan Karier Politik Mahfud MD

Mahfud MD (dok. Google) Melihat berita yang sedang hangat beberapa waktu ini, santer sekali nama Mahfud MD dikumandangkan. Bukan baru namanya aku dengar, beliau cukup hits di kalangan anak muda. Beberapa kali melihat tayangan pria kelahiran Sampang 13 Mei 1957 ini diwawancara atau mengisi sebuah acara, selalu kagum dengan caranya menyampaikan pesan. Beliau ini jujur dan berani dalam mengungkapkan atau membongkar kasus. Seru sekali, seperti sedang menonton film-film detektif. Tahun 2023, sebentar lagi menuju akhir tahun dan kita akan bertemu dengan 2024. Tahun di mana akan ada pesta rakyat terbesar, iya, pemilihan umum pemimpin negara. Hiruk-pikuknya sudah begitu terasa saat ini. Sejujurnya masih entah soal para bakal calon, masih belum bisa dipastikan siapa saja yang akan maju. Tapi satu yang pasti, hak suara harus tetap digunakan, cuma satu, tapi berarti besar. Salah satu bakal calon sudah diumumkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Siapa yang enggak tahu mereka? Sudah seperti

Begini Liburan yang Menakjubkan dan Nyaman

Enggak terasa kayaknya tahun baru 2017 baru kemarin, eh, sekarang sudah menjelang liburan akhir tahun, ya. Temans mau ke mana saja, nih? Sudah rencana liburan ke suatu tempat? Atau mau di rumah saja dan mengunjungi lokasi terdekat? Tapi pasti sudah banyak yang persiapan ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau aku, sih, masih pilih liburan di dalam negeri saja, punya passport sudah dua tahun dan masih bersih. Hmmm. Bebas, ya, mau liburan di mana saja dan ke mana saja asalkan sama kamu, iya kamu. Uwuwuw.

Perempuan Tangguh untuk Asian Games 2018

Difotoin: Utie Adnu "Terserah kamu, deh, lakukan saja yang kamu mau. Hidup kamu, kan, kamu yang jalanin dan rasakan semuanya." "Iya, sih, tapi, kan, enggak semua orang..." "Udah, ya, selesai. Cukup, aku enggak mau tahu lagi, ini yang terakhir aku ingatkan kamu."